Wilayah Desa Sia’ Kotamobagu Berpotensi Sebagai Daerah Wisata

KOTAMOBAGU. MA.- Beberapa Desa yang ada di Kota Kotamobagu mulai akan memanfaatkan potensi potensi  alam  di Wilayahnya untuk dijadikan destinasi Wisata para wisatawan lokal maupun manca negara datang berkunjung ke daerah ini.

Salah satunya Desa Sia’ yang berada di Kecamatan Kotamobagu Utara dimana selain merencanakan akan membagun destinasi Wasata Para Layang (Gantole), Desa Sia’ juga menyimpan banyak cerita serta situs bersejarah lainnya.

Seperti yang dikatakan Sangadi (Kepala Desa)  Sia’ Herto Balansa, dimana keberadaan perbukitan diwilayahnya , selain direncanakan akan dibangun lokasi Olahraga Dirgantara, Bukit yang ada di Desanya itu juga menyimpan situs bersejarah lainnya.

“Bukit Sia” ada banyak menyimpan situs Sejarah tentang perjuangan para leluhur saat melawan penjajah yang masuk Bolaang Mongondow , dimana menurut orang tua terdahulu , Bukit tersebut sering dijadikan tempat pertemuan para Dotu dotu masa lampau,  setelah mendapat kesepakatan baru akan diputuskan di  Tudu In Bakid yang berada di Desa Pontodon.” Kata Herto Balansa. Jumat (14/9/2018).

Selain itu Kata Balansa, Bukit Sia’ terdapat situs Sejarah dengan keberadaan  Kuburan masa lampau yang katanya hanya bisa dilihat oleh orang orang yang dinilai bersih atau yang mempunyai niat baik, dan itu sudah ada warga yang sempat melihat Kuburan itu.

Baca juga:   KY Mendapat Laporan Masyarakat Soal Informasi Dugaan Suap PK Misbakhun

“Di lokasi Bukit Sia’ ada situs sejarah yaitu Kuburan tua, namun tidak semua orang bisa melihatnya , Konon katanya  Itu hanya bisa terlihat oleh orang orang tertentu serta pada waktu waktu tertentu juga.”Ungkap  Herto Balansa.

Terpisah Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu Much Agung Adati, mengatakan , memang untuk saat ini pihaknya terus melakukan pendataan Situs Situs Sejarah untuk dijadikan tempat Ziarah atau dijadikan Destinasi wisata yang ada di Kotamobagu.

“Sampai saat ini kami terus melakukan pendataan situs situs bersejarah yang ada di Wilayah Kotamobagu , setelah itu akan dijadikan tempat Ziarah serta Destinasi wisata di- Kota Kotamobagu.” Ungkap Agung Adati.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of