Wawali Manado Minta Warga GPdI Duk7bg Program Pemkot Kurangi Sampah Plastik


Sulut, Manadoakual.com – Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan meminta  warga Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pusat Sam Ratulangi mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kurangi sampah plastik.

Berbagai upaya dilakukan Pemkot Manado untuk mengatasi sampah plastik di Kota Manado. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan minuman kemasan plastik.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan saat memberikan sambutan Tahun Baru dihadapan jemaat GPdI Pusat Sam Ratulangi Manado. “Selama ini, orang-orang yang tidak bertanggungjawab membuang sampah ke selokan dan sungai. Lalu sungai mengalirkannya ke laut. Dan kemarin, saat angin kencang dan ombak besar, laut mengembalikan lagi sampah plastik itu ke kita. Bisa kita lihat kemarin, sepanjang jalan Boulevard dan pantai di Sindulang dipenuhi sampah. Saya bersama pak Wali Kota Manado saat ini gencar melakukan program untuk mengatasi sampah plastik di Kota Manado, salah satunya dengan mengurangi penggunaan minuman berkemasan plastik,” ujar Bastiaan, dalam Ibadah Tahun Baru di GPdI Pusat Sam Ratulangi Manado, Selasa (01/01/2019) pagi.

Baca juga:   Pewarna Indonesia, FKUB, PGLII DKI Dan GMDM Membagi-bagikan Takjil Di Jakarta Barat

Menurut Wawali, pihaknya sudah mengawalinya dari lingkungan Pemkot Manado. “ASN dan THL di Pemkot Manado saat ini berkisar 8000 orang. Para ASN dan THL ini sudah tidak dibenarkan menggunakan minuman berkemasan plastik. Semua wajib menggunakan tumbler. Kami menghitung, 8000 orang ASN dan THL ini sudah mengurangi 8000 sampah plastik dari minuman berkemasan plastik. Tahun ini, kami akan membuatkan Perda tentang penggunaan minuman kemasan dalam plastik. Di Perda akan diatur, agar warga Kota Manado tidak lagi menggunakan minuman berkemasan plastik dalam setiap kegiatan maupun penyelenggaraan acara, seperti duka, ucapan syukur, pernikahan dan lainnya,” jelas Bastiaan lagi.

Selanjutnya, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Manado periode 2009-2014 ini meminta dukungan warga GPdI Pusat Sam Ratulangi Manado untuk mensukseskan program Pemkot Manado. “Saya jemaat di gereja ini. Tapi sebagai Wakil Wali Kota Manado, atas nama Pemkot Manado, saya bersama pak Wali Kota Manado meminta dukungan jemaat GPdI Pusat Sam Ratulangi Manado untuk mengurangi sampah plastik. Kita awali dengan mengurangi dan kalau bisa sama sekali tidak menggunakan minuman kemasan dalam plastik. Itu sampah plastik tidak bisa diurai dengan cepat. Plastik kita buang ke sungai, lalu sungai mengalirkan ke laut. Plankton-plankton memakan sampah plastik, lalu ikan memakan plankton dan ikan kita makan. Jadinya kita ikut makan plastik. Jangan mau jadi manusia plastik,” kunci Bastiaan.

Baca juga:   DPRD Sulut Paripurnakan Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturam Daerah Provinsi Sulut Nomor 3 tahun 2016 tentang RPJMD

(Olvi)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments