Warga Motoboi Besar Kotamobagu Bakar Binarundak

KOTAMOBAGU. MA.- Ribuan warga dari darah tetangga berbaur dengan warga desa desa tetangga memadati Kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu. Senin (18/6/2018).

Kedatangan ribuan warga ini, selain bersilahturahmi dengan sanak saudara untuk menikmati suasana Hari Raya Binarundak (Lemang. red), yang biasanya dilaksnakan  hari ke empat pasca Idul Fitri yang untuk kegiatan ini sudah dilaksankan warga Kelurahan Motoboi Besar beberapa tahun terakhir ini.

Menurut Lurah Motoboi Besar  Zulvan Pombaile mengatakan, Hari raya Binarundak  ini, merupakan kegiatan yang sudah dilaksankan beberapa tahun terakhir.

Dan untuk perayaan tahun 2018 ini masyarakat menyiapkan Beras Ketan sebagai bahan baku Binarundak sebanyak 1,5 Ton yang juga merupakan sumbagan dari masyarakat setempat.

“Perayaan Binarundak ini sudah mejadi tradisi beberapa tahun terakhir ini, dan sudah dikenal di wilayah Bolaang Mongondow Raya yang dilaksankan empat Hari sesudah Idul Fitri ,  dan terbuka untuk umum.” Kata Lurah Motoboi Besar.

Binarundak adalah salah satu makanan yang terbuat dari Beras Ketan diberi bumbu tradisional dan dimasukan ke dalam bambu selanjutnya di bakar di sepajang jalan Kelurahan Motoboi Besar.

Baca juga:   Besok KPU Kotamobagu Kukuhkan PPK dan PPS

Diketahui Perayaan Binarundak ini sudah menjadi Tradisi dan sudah dikenal di seantero Bolaang Mongondow Raya (BMR) dan Sulawesi Utara pada umumnya, (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of