Warga Kecewa Air Limbah RS Awaloei, Aparat Desa Tateli Tak Gubris

Air Limbah Rumah Sakit Awaloei lewat rumah warga

Minahasa, Manadoaktual.com  – Rumah Sakit Awaloei yang terletak di Desa Tateli Satu dikeluhkan sejumlah warga. Pasalnya, air limbah dari rumah sakit tersebut melewati rumah warga.

Aneke Repi warga Desa Tateli Satu, Jaga Satu menjelaskan, dirinya tidak pernah dihubungi untuk membuat selokan pembuangan air limbah tersebut. Bahkan dari pihak rumah sakit tidak pernah mendatangi warga untuk melakukan sosialisasi terkait masalah ini.

“Saya tidak pernah menandatangani persetujuan membuat selokan ini. Kami pun kaget ketika selokan ini dibangun. Bahkan dari aparat desa tidak pernah melakukan sosialisasi kepada kami,” bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya meminta untuk menggunakan penutup selokan karena membahayakan kesehatan apalagi melewati ruang tamu. Jika pun tidak, dibuatkanlah pipa agar uapnya tidak akan tercium.

“Saya sangat kecewa dengan pihak rumah sakit dan aparat desa. Saya sudah berulang-ulang kali mendatangi kantor Desa Tateli tapi tidak digubris kepala jaga maupun hukum tua,” ujarnya.

Senada dikatakan Kun Derek. Menurutnya, air limbah ini berbahaya karena selokannya  tidak menggunakan penutup.  Pihaknya meminta untuk diselesaikan oleh pihak rumah sakit untuk kesehatan warga sekitar.

Baca juga:   Tinjau Pos Terpadu, Ini Pesan Danrem 131/STG

“Kalau direksi rumah sakit tidak percaya, datang dan buktikan sendiri disini supaya dapat melihat secara langsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Umum RS Awaloei, Hendrik Manueke menjelaskan,  pihaknya audah memiliki izin dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa.

“Arahan direktur bahwa RS sudah ada izin operasional bila ada pertanyaan-pertanyaan oleh masyarakat tentang RS silahkan tanyakan kepada yang mengeluarkan Izin  dari Kabupaten Minahasa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selokan dibuat atas permintaan penduduk dan pihaknya sudah mengeluarkan biaya ratusan juga untuk memenuhi permintaan itu.

“Kami punya dokumentasi dan tanda tangan  masyarakat. Tidak benar kalau tidak ada komunikasi dengan masyarakat,” imbuhnya.

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments