Walikota Kotamobagu Buka Secara Simbolis Malam Monuntul Kotamobagu

KOTAMOBAGU. MA.- Pjs Walikota Kotamobagu Mohammad Rudi Mokoginta melakukan pemasangan lampu (Monuntul) secara simbolis dilapangan Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotramnopbagu. Senin (11/6/2018)’

Malam pasang lampu (Monuntul) ini merupakan bagian dari tradisi saat bulan suci ramadahn yang dilaksanakan tiga hari terakhir menjelang Idul Fitri yang sudah dilaksankan secara turun temurun.

Penjabat Walikota Kotamobagu Mohammad Rudi Mokoginta dalam penyampaiannya pelaksanaan Monuntul atau malam pasang lampu  ini sudah menjadi tradisi secara  turun temurun bagi warga Kotamobagu serta beberapa daerah lainnya yang ada wilayah Indonesia yang biasanya dilaksakan di akhir bulan ramadhan.

“Monuntul atau sering dikenal dengan malam pasang lampu ini sudah menjadi bagian dari tradisi turun temurun yang dilaksanakan pada bulan suci ramadhan menjelang tiga hari sebelum Idul Fitri. ”ucap Walikota.

Dikatakannya juga untuk Malam Pasang lampu (Monuntul) di Kota Kotamobagu saat bulan suci ramadhan, selain sebagai  tradisi, Pemerintah Kotamobagu telah dijadikan sebagai objek wisata. Disamping itu Pemerintah Kotamobagu juga mensupport  dengan menyediakan hadian jutaan rupiah.

Baca juga:   Tim Ranger Sabhara Polres Minsel perbaiki jalan dan selokan di lokasi banjir Kelurahan Bitung

“Dengan dilaksankan lomba monuntul ini,  bukan untuk mencari siapa pemenang lomba , namun disini bagaimana kita menjadikan monuntul ini sebagai bagian dari tradisi untuk dipertahankan. Semoga di punghujung bulan Ramadhan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwan pada Allah Swt.” Ungkap Walikota Kotamobagu.

Selanjutnya, Walikota Kotamobagu  membuka secara resmi Monuntul (Malam Pasang lampu) Kota Kotamobagu ditandai dengan pemukulan Beduk pertanda malam pasang lampu (Monuntul) dimulai.

Pembukaan pasang lampu (Monuntul) ini turut dihadiri oleh .unsur Forkompimda, Para Pimpinan SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan disaksikan ribuan masyarakat Kota Kotamobagu.  (Adve / Dix).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of