Walikota Di Rumah Aja? SAS Hadiri Rapat Dewan

-MA-Bertempat di ruang sidang DPRD Kota Tomohon dilaksanakan rapat Paripurna DPRD dalam rangka mendengarkan penjelasan Walikota mengenai Pertanggungjawaban Walikota Tomohon Akhir Tahun Anggaran 2019, kamis (30/4/2020).

Dalam rapat ini dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE yang didampingi oleh Wakil Ketua Erens D. Kereh, AMKL.

Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) mengadrii rapat sekaligus membawakan sambutan dan membacakan penjelasan Walikota Jimmy Eman, SE tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2019.

Diketahui dalam rapat ini tidak dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy Eman, SE bahkan pada rapat sebelumnya juga pada senin tgl (27/4/20) Walikota berhalangan. Kemungkinan tidak hadirnya Walikota agar tetap menjaga kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 atau Corona (Di rumah aja).

Ketua DPRD Tomohon Djemmy J. Sundah, SE di sela-sela rapat mengatakan bahwa pada saat ini bantuan berupa sembako dari pemerintah kota tomohon untuk masyarakat yang terdampak covid 19 sementara dalam proses penyaluran di kelurahan – kelurahan. Diharapkan agar penyaluran bantuan ini dapat di evaluasi kembali oleh pemerintah sehingga semua kekurangan yang terjadi dapat diperbaiki agar penyaluran tahap berikutnya dapat berjalan lancar. Kaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona atau covid 19 dilingkungan pemerintah daerah maka Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sudah mengeluarkan surat edaran nomor 700/ 1723/ OTDA, tertanggal : 24 Maret 2020, Perihal : Perpanjangan Waktu Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPJ) dimana waktu penyampaian LKPJ diundur paling lambat 30 April 2020.

Baca juga:   Eman Dan Sompotan Melayat Dan Beribadah Bersama Di Rumah Duka Keluarga Supit-Mende

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan buku LKPJ Walikota Tomohon tahun anggaran 2019 dari Walikota kepada Ketua DPRD untuk dibahas dan dilanjutkan pemilihan Pimpinan Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Tomohon Akhir Tahun Anggaran 2019, sebagai ketua Pansus adalah Ladys Turang, SE, Wakil Ketua Noldie Lengkong, Sekretaris Jimmy S. Wewengkang dan para anggota Christo B. Eman, SE , Priscilla tumurang, Siane J. Samatara, Hudson Bogia, Ferdinand M. Turang, S.Sos dan Stanly R. Wuwung, ST.

Ketua DPRD mengingatkan kembali bahwa masa kerja pansus ini 30 hari kerja dihitung sejak hari ini. Untuk itu, diharapkan agar waktu yang tersedia ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal, baik oleh panitia khusus maupun oleh perangkat daerah sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan saat ini.
Hadir dalam rapat paripurna ini para anggota DPRD Tomohon, Sekretaris DPRD F.F. Lantang, S.STP, Asisten II Setda Kota Tomohon Ir. Enos Pontororing, Kepala Bapelitbang Drs. Daniel Pontonuwu serta jajaran Sekretariat DPRD Kota Tomohon, jelasnya.

Patut kami akui, bahwa kemajuan pembangunan di kota tomohon ini merupakan hasil sinergitas yang baik, antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon. pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah diarahkan untuk peningkatan kapasitas daerah serta upaya untuk mendorong pendapatan asli daerah dalam rangka efektifitas pembangunan. Secara garis besar komponen APBD terdiri dari 3 aspek yaitu pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan.
Perlu kami informasikan bahwa realisasi APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2019 (data un-audited BPK) sebesar Rp. 629.763.504.898,40 (enam ratus dua puluh sembilan milyar tujuh ratus enam puluh tiga juta lima ratus empat ribu delapan ratus sembilan puluh delapan koma empat puluh rupiah) angka ini akan terkoreksi setelah audit tim BPK telah selesai.

Baca juga:   Disaksikan Walikota Eman Dan Wenny Lumentut! Gubernur Olly Resmikan Gedung Gereja Santo Petrus

 

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments