UDK Resmi Dikelola Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri

KOTAMOBAGU. MA.-Walikota Kotamobagu Ir Hj Tantong Bara dan Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, menghadiri langsung  pengalihan pengelolaan Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) di Kotamobagu, dari Yayasan Perguruan Tinggi Kotamobagu ke Yayasan Pendidikan Mandiri Kotamobagu  bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu . Kamis (13/9/2018)

Pengalihan  pengelolaan Yayasan ini berdasarkan Surat Kepususan (SK) Kemenristek Dikti  yang bernomor 592 / KPT / I /2018, Tentang Alih Kelola Badan Peneyelenggara Perguruan Tinggi  Universitas Dumoga Kotamobagu dari Yayasan Perguruan Tinggi Kotamobagu ke Yayasan Pendidikan Mandiri Kotamobagu, diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Sulawesi Bapak Prof. Dr. H. Jasrudin. M.si, juga disaksikan juga oleh Pembina Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri,  Rektor UDK serta para  Civitas dan Akademisi  serta tamu undangan lainnya.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam penyampaiannya mengatakan bagi Pemererintah Kota Kotamobagu serta atas nama masyarakat Kotamobagu, terkait tentang  penyerahan Surat Keputusan (SK) tentang alih kelola dari Yayasan Perguruan Tinggi Kotamobagu ke Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri,  merupakan sebuah momentum bagi  peningkatan kualitas Universitas Kotamobagu.

Baca juga:   Satu-Satunya Daerah Luar Jawa, Pemkot Manado Dapat Penghargaan Bhumandala Award

“ Pengalihan Yayasan ini merupakan awal yang baik bagi upaya pemerintah daerah dan masyarakat di daerah ini,  untuk meningkatakan kualitas sumber daya manusia  di Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya pada umumnya . Sebab Universitas Dumaoga Kotamobagu merupakan Universitas satu satunya yang ada di Bolaang Mongondow Raya.” Kata Tatong Bara.

Walikota Kotamobagu juga dihadapan pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi , tak lupa juga menyampaikan dimana perjuangan untuk Provinsi  sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semangat masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Wilayah Provinsi Sulawesi Utara 54 persen adalah Bolaang Mongondow Raya. Tentu perjuangan ini  adalah perjuangan terus menerus seluruh masyarakat termasuk kelengkapan kelengkapan yang menjadi syarat didalamnya, salah satunya daerah ini memiliki Universitas dan hari ini benar benar menjadi sebuah hal  yang patut kita syukuri karena semakin lengkaplah persiapan menuju Provinsi Bolaang Mongodow Raya kedepan.” Kata Walikota.

Kesempatan ini juga , atas nama pemerintah dan masyakat Kotamobagu tak lupa mengucapkan banyak terima kasih, dan berharap pulah agar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi  dapat membantu upaya penambahan jumlah program studi yang ada di Universitas Dumoga Kotamobagu sebagai bagian dari upaya untuk peningkatan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi  dalam mengahsilkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas serta mampu untuk bersaing di masa masa yang akan datang.

Baca juga:   Kepala BKPP Kotamobagu Ikuti Rakor Proses Rekrutmen CPNS 2018

“Penambahan Program Studi  Universitas Dumoga Kotamobagu ini menjadi sangat penting kerana berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara , rata rata jumlah lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat, diwilayah Kotamobagu setiap tahunnya mencapai angka kurang lebih 3000 lulusan siswa.” Pungkas Walikota Kotamobagu.

Pengalihan dan Pengelolaan Universitas Dumoga Kotamobagu ini dtandai  dengan penanda tanganan berita acara peyerahan Surat Keputusan (SK) Menristek & Dikti Republik Indonesia tentang pengalih kelolaan Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) dari Yayasan Perguruan Tinggi Kotamobagu, ke Yayasan Pendidikan Kotamobagu. Kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Umum  tentang Mempersiapkan Generasi Berdaya Saing tinggi  Era  Revolusi ndustri oleh Bapak Prof. Dr. H . Jasrudin. M.si. yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Fisika Material Universitas Negeri Makasar.

Diketahui Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) menyelengarakan  Program Studi (Prodi) yaitu Agro Teknologi Program Sarjana, Prodi  Kehutanan Program Sarjana dan Prodi  Managemen Program Sarjana dengan Status Akreditasi.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of