Tunjang Program Jokowi & OD SK Di Bidang Pariwisata, PT Angkasa Pura I Manado Lakukan Perluasan Bandara

Manado, INewscrime.com- Sebagai salah satu Provinsi yang masuk dalam destinasi baru pariwisata di Indonesia Sulawesi Utara memiliki bandar udara yang mumpuni adalah satu hal yang mutlak harus dilakukan.

Hal tersebut ternyata memang telah menjadi planning utama dari PT Angkasa Pura 1 Manado, mulai dari perluasan bandara hingga pembuatan ornamen ornamen budaya sebagai bentuk penghargaan pada kearifan lokal adalah hal hal utama yang akan dilakukan pada akhir tahun ini.

“Bandar udara adalah kesan pertama dan kesan terakhir para wisatawan saat masuk ke salah satu daerah, kalau kesan pertamanya aja udah nggak mengenakkan bagaimana nanti seterusnya,”ujar Angga Maruli Humas PT Angkasa Pura 1 Manado saat bincang santai bersama awak media di Bandara Sam Ratulangi Manado.

 

Pada awak media panjang lebar dirinya mengutarakan bahwa pada akhir tahun 2019 ini PT Angkasa Pura 1 Manado akan melakukan Perluasan terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi.

“penambahan ornamen ornamen daerah atau konten kinten budaya lokal dalam area bandara adalah salah satu prioritas khusus yang akan kami lakukan, “ungkapnya.

Baca juga:   Terpilih Secara Aklamasi,Tetty Paruntu Nahkodai Partai Golkar Sulut

Lanjut dirinya mengatakan, salah satu alasan dilakukan perluasan bandara yang menjadi kebanggan masyarakat Sulawesi Utara adalah mengantisipasi pertumbuhan wisatawan yang mengalami peningkatan signifikan terutama kalangan turis mancanegara.

“ Direncanakan perluasan terminal Bandara Sam Ratulangi Manado sampai ke terminal kargo dengan luas keseluruhan 56.000 m2 yang sebelumnya hanya 26.000m2. Sementara untuk daya tampung  penumpang juga mengalami peningkatan dari 2,5 juta menjadi 6 juta penumpang  per/tahun “ ungkap Angga Maruli  Humas  PT. Angkasa Pura I Manado kepada wartawan Selasa (13/8-2019).

Ditambahkannya,  pertumbuhan pariwisata melalui penerbangan internasional  Bandara Sam Ratulangi Manado sejak Januari hingga Juni 2019 mengalami peningkatan sebesar 5 persen yang didominasi wisatawan asal Tiongkok.

“ Terjadi peningkatan sebesar 5 persen kedatangan turis mancanegara melalui Bandara Sam Ratulangi yang dilayani tiga maskapai yakni Silk Air (regular), Sriwijaya Air (regular) serta Lion Air (carteran).

Lanjut Maruli, dengan adanya perluasan terminal, nantinya diikuti dengan penambahan 2  Garbarata (tangga belalai) mengakomodir penambahan rute khususnya rute Internasional .

“ Nanti ada penyesuaikan dengan menambah 2 Garbarata  dari 4 yang sudah ada saat ini untuk mengakomodir kebutuhan rute baru penerbangan nanti,  sekaligus wujud dukungan Angkasa Pura terutama  program Pak Gubernur Olly Dondokambey  maupun pemerintah daerah untuk mendatangkan semakin banyak wisatawan di daerah ini. Prinsip kami adalah menjaga kesan pertama dan kesan terakhir dalam memberikan layanan  bagi tamu- tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara,“tandasnya.

Baca juga:   Bocah 4 Tahun Tertabrak Mobil Gran Max di Kawasan Boulevard

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of