TMMD ke-99 Resmi di Tutup, Ini Pesan KASAD Yang di Bacakan Danrem 131/Stg Ranolambot

Minahasa, iNewscrime – Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak S.Ip M.Sc menutup secara resmi TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 Kodim 1302/Mnahasa di lapangan Desa Ranolambot, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Rabu (2/8/2017).

Danrem 131/Stg yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada penutupan TMMD tersebut membacakan amanat dari KASAD Jendral TNI Mulyono antara lain  menyebutkan, penutupan TMMD ke 99 ini dilaksanakan secara serentak.

Semenjak dibuka pada 4 Juli lalu, para prajurit bekerjasama dengan Pemda dan segenap komponen masyarakat lainnya telah bahu-membahu menyelesaikan TMMD ke 99 ini.

“Pada kesempatan yang sangat baik ini saya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril maupun materil sehingga kegiatan TMMD ke 99 dapat terselenggara dengan lancar,” kata Kasad dalam sambutannya yang dibacakan Danrem.

Dirinya menyebutkan, keberhasilan kegiatan TMMD ini sangat dirasakan oleh masyarakat atau pun Pemerintah Daerah sehingga Pemda bersama rakyatnya meminta agar kegiatan TMMD ditambah.

Baca juga:   BPD HIPMI Sulut Minta Pemerintah Kaji Kembali Tambahan Libur 3 Hari

Pelihara terus semangat kebersamaan kemanunggalan antara TNI-rakyat dan jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun dan pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa. “Serta pelihara hasil program TMMD ini agar manfaatnya dapat di nikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” pesannya.

Dansatgas TMMD ke 99 Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama S.Th saat membacakan laporan kerja TMMD.

Dikesmpatan yang sama juga dilaksanakan laporan hasil pelaksanaan kegiatan TMMD ke- 99 tahun 2017 oleh Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Jubert Nikson Purnama S.Th disebutkan, waktu pelaksanaan TMMD selama 30 hari mulai 4 Juli-2 Agustus 2017.

Personel yang terlibat dalam TMMD ke 99 tersebut, TNI 122 orang, Polri 12 orang, Pemda 16 orang dan masyarakat 50 orang setiap harinya.

“Adapun sasaran pembangunan fisik dan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD meliputi pembangunan jalan sepanjang 1.750  meter dan lebar 4 meter dengan hasil 100 persen dan pembuatan talut sepanjang 200 meter, pembuatan pagar pastori gereja sepanjang 100 meter dengan hasil 100 persen, pembuatan jambanisasi sebanyak 16 unit dengan hasil 100 persen dan penanam pohon dan jagung dengan hasil 100 persen,” jelasnya.

Baca juga:   Sebanyak 227 Prajurit Siswa Resmi Ikuti Pendidikan Diktukba

Sementara untuk sasaran non fisik berupa pnyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum dan narkoba serta penyuluhan kesehatan dan melakukan kegiatan pengobatan gratis dan donor darah.

Bupati Minahasa Janjte Wowiling Sajow saat menandangi naskah yang dihadapan Danrem 131/Stg.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan naskah dan penyerahan hasil TMMD ke 99 tahun 2017 oleh Dandim 1302/Minahasa dan Bupati Minahasa Janjte Wowiling Sajow yang disaksikan Danrem 131/Stg.

Selain itu juga ada penyerahan piagam penghargaan oleh Danrem 131/Stg kepada Camat Kawangkoan Barat dan Hukum Tua Desa Ranolambot. Penutupan TMMD ini juga turut dimeriahkan dan atraksi marching band oleh siswa praja IPDN dan Tarian momere oleh Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana.

Upacara penutupan TMMD juga turut dihadiri Wadanlantamal Manado, Kasat Brimobda Sulut, Bupati Minahasa Janjte Wowiling Sajow, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Kapolres Tomohon, para Dandsat dan tamu undangan lainnya.
(tsir)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments