Terkait Kata “Maniso” Sehan Lanjar Anggap Steven Kandouw Kurang Memahami Kaidah Bahasa

Manado,INewscrime-  Menyikapi statemen Wakil Gubernur Sulawesi Utara  Bapak Steven Kandow, dengan kata “Maniso” yang dimuat oleh beberapa media  berkaitan dengan rencana pembangunan Rumah Sakit ( RS) oleh Pemerintah Daerah  Bolaang Mongondow Timur (Boltim),  ditanggapi oleh Bupati  Sehan Salim Landjar.

“Menurut saya ada dua hal yang tidak di pahami oleh Wakil Gubernur  Bapak SK, yang pertama:  Wakil Gubernur  tidak paham bahwa Rumah Sakit adalah kebutuhan oleh semua Daerah sebagai bentuk jaminan kepada masyarakat yang berkaitan degan kesehatan yang merupakan prioritas Program Nasional, sehingga semua Kepala Daerah wajib hukumnya untuk menyiapkan sarana baik Pustu, PusKes  dan Rumah Sakit serta sarana pendukung lainnya. Berkaitan rencana pembangunan RS di Boltim tentunya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat yang menentukan tentang klasifikasinya, bukan Pemerintah Daerah yang menentukan, Pemerintah Daerah hanya mengusulkan dan KeMenKes yang menetapkan tipenya.

Yang ke dua:  saya menilai Wakil Gubernur Bapak Steven Kandow belum pintar menggunakan kata/kalimat, dan masih kurang paham tentang kaidah bahasa, sehingga beliau sampai gunakan kata/bahasa yang kurang etis untuk pejabat sekelas Wakil Gubernur  namun saya sangat memahami bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda soal tata bahasa, karena menurut saya Kata ‘maniso’ kebanyakan hanya di gunakan/di ucapakan oleh laki laki ‘Sundal’. “ pungkas Bupati Boltim Sehan Salim Lanjar dalam rilisnya.

Baca juga:   Eyang Suport 100 % Benny Rhamdani Ke DPR RI

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of