Terkait 3 ODP Covid 19 di Minsel, ini Penjelasan Kadis Kesehatan.

Terkait 3 ODP Covid 19 di Minsel, ini penjelasan Kadis Kesehatan

Amurang, Manadoaktual.Com – Satgas Covid 19 Provinsi Sulawesi Utara telah menginformasikan data terbaru tentang Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (OPD) Virus Corona. Tercatat sebanyak 371 ODP yang tersebar di 15 kabupaten/kota dan 3 diantaranya adalah warga kabupaten Minahasa Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr Edwin Schouten saat di konfirmasi lewat telepon  0853995***** pada Jumat (20/03/2020), membenarkan data yang disampaikan pihak Satgas covid 19 Provinsi Sulut. “Itu memang betul. Kalau juru bicara dari provinsi sudah menyampaikan data terkait ODP, karena mereka dapat data dari KKP Bandara dan pihak Provinsi meneruskan ke pemerintah kabupaten”,ujar Schouten.

Dan untuk tiga orang dalam pengawasan itu kami tau dan kami sementara memantau, Untuk data identitas ketiga ODP tersebut tidak untuk dipublikasikan.

Schouten pun menyampaikan bagi masyarakat jangan salah kaprah tentang istilah ODP. “ODP itu tidak ada gejala sama sekali. Tapi mereka baru pulang dari daerah atau wilayah yang terinfeksi. Dan masa pemantauan itu selama 14 hari, ketiga ODP sekarang ini dalam pemantauan petugas kesehatan berkordinasi dengan hukum tua, Lurah, Camat dan Kepolisian. Dan mereka harus ikut aturan untuk tetap dirumah, katanya.

Baca juga:   Andrei Angouw Pimpin Rapat Paripurna Ranperda APBD 2019 Menjadi Perda.

Sedangkan untuk di Minsel kalau didapati ada gejala kita akan langsung amankan, “jelasnya sembari mengaku bahwa Minsel telah membentuk Satgas Covid 19.

Kadis Schouten mengaku untuk data terkait ODP dan PDP telah disepakati bersama untuk menerapkan sistem satu pintu, yakni melalui Satgas Covid 19 Provinsi Sulawesi Utara. Sebab Kewenangan sepenuhnya terkait data ada pada Satgas Covid 19 Provinsi Sulut.

“Jadi, kami berharap agar masyarakat Jangan Panik tetap Waspada, benar-benar membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta jangan lupa berdo’a agar virus ini tidak akan menyebar nantinya,” pungkas Schouten.

(Sel)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments