Tanaman Kakao Sistem Sambung Pucuk Dikembangkan Di-Kotamobagu

KOTAMOBAGU. MA.- Upaya yang dilakukan Muhammad Ikhsan Marasabesy, salah satu petani asal Desa Kopandakan Satu Kecamatan Kotamobagu Selatan dengan melakukan pengembagan berbagai jenis tanaman Kakao yang ada di wilayah Kotamobagu patut diancungi jempol.

Hal tersebut dibuktikan setelah memanfaatkan potensi yang dimilikinya dan melakukan pembibitan Kakao melalui sistem sambung pucuk, dengan memanfaatkan halaman rumah untuk digunakan sebagai lokasi persemaiannya bibit Kakao.

Menurut Muhammad Ikhsan Marasabesy, ide pengembangan bibit  tanaman Kakao unggulan dengan sistem sambung pucuk ini, didapat secara otodidak setelah terinspirasi dengan keberadaan suhu serta struktur tanah yang ada di Wilayah Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Rara (BMR) pada umumnya  yang sangat cocot dengan tanaman Kakao.

“Dengan keberadaan suhu serta struktur tanah yang  sangat cocok dengan tanaman Kakao, saya terinpirasi untuk membuat pembibitan Kakao unggulan dengan sistem sambung pucuk agar mandapatkan hasil produksi yang lebih baik serta bernilai ekonomi yang tinggi.” Kata Muhammad Ikhsan Marasabesy kepada manadoaktual.com Selasa (11/12/2018).

Dikatakannya juga , jenis bibit Kakao yang dikembangkan dengan sistem sambung pucuk ini adalah jenis Kakao Sulawesi 1 (S-1), Sulawesi 2 (S-2), Kakao jenis Panther,  Kakao jenis M-45, serta jenis A,1.

Baca juga:   Hendra Jacob : Saya Akan Terus Mengawal Kasus Pemecah Ombak Sampai Aktor Intelektualnya Terungkap

“Bibit Kakao jenis ini yang dikembangkan sebab selain proses pembuahan cepat yang hanya memakan waktu 1 tahun, Kwalitas buah Kakao jenis ini sangat baik.”

Lanjutnya, bibit Kakao sambung pucuk ini tidak untuk dijual, hanya akan diberikan secara cuma-cuma kepada petani Kakao yang ingin menanamnya.” Ungkap Muhammad Ikhsan Marasabesy.

Terinformasi pencetus pembibitan Kakao dengan menggunakan sistem sambung pucuk ini, Muhammad Ikhsan Marasabesy telah berhasil menanam sekitar 700 pohon di lahan yang dimilikinya.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments