Tahun 2019 Wartawan Mitra Kerja Pemkot Kotamobagu Wajib Kantongi Sertifikat UKW

KOTAMOBAGU. MA. – Pemerintah Daerah Kotamobagu memastikan tahun 2019 nanti semua wartawan yang menjadi mitra kerja pemerintah Daerah dalam peneyebaran informasi, harus  mengantongi Sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal tersebut guna peningkatan serta untuk lebih profesionalitasnya Wartawan dalam peliputan serta dalam penyajian berita.

Seperti yang dikatakan  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kotamobagu Ahmad Yanni Umar SE, untuk peningkatan serta  penerapan profesionalitas wartawan yang bekerja pada perusahan Pers yang menjadi mitra kerja pemerintah Kotamobagu dalam  penyebaran Informasi, wajib mengatongi Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan.

“Sudah saatnya Pemerintah Kota Kotamobagu menerapkan profesionalitas dibidang kemitraan kerja dengan media massa, khususnya wartawan yang bekerja pada perusahaan pers yang menjadi mitra kerja, wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan, atau sudah lulus dalam uji Kompetensi Wartawan.” Kata Ahmad Yani Umar.

Menurutnya, Sertifikat Kompetensi Wartawan merupakan sebuah syarat yang sebenarnya mutlak diterapkan dalam hal kemitraan kerja, apalagi terkait dengan pengelolaan keuangan untuk penggunaan media massa dalam  penyebarluasan informasi pemerintah daerah.

Baca juga:   Bupati Boltim Irup Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2018

“Pemerintah Kotamobagu menghendaki wartawan yang menjadi mitra kerja, telah dinyatakan lulus kompetensi oleh Organisasi Wartawan sebagai lembaga pers yang disahkan oleh Dewan Pers Republik Indonesia. Dan ini sesuai dengan regulasi. ” Ungkap Yani Umar.

Lanjutnya, “Sebenarnya Pemerintah Kotamobagu hanya menuntut profesionalitas yang memang sudah diamanatkan oleh UU Nomor 40 Tahun 1999 dan Peraturan Dewan Pers RI, Tentang Kompetensi Wartawan. Apalagi ketika menjadi mitra kerja Pemda Kotamobagu, maka harus memenuhi standart kompetensi dalam penyajian berita serta tugas-tugas peliputan dilapangan,” Pungkas Ahmad Yanni Umar, SE.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of