Sejumlah Budaya Lokal Kotamobagu Akan Direvitalisasi

KOTAMOBAGU. MA.- Dalam rangka mengangkat kembali budaya lokal yang hampir puna maupun sudah punah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disprbud) Kota Kotamobagu akan melakukan revitalisasi dan reaktualisasi budaya lokal yang ada di Kotamobagu.

Hal tersebut guna mengangkat Budaya lokal yang nantinya akan diwarisi secara turun temurun, selain itu juga dapat menarik para wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara untuk datang berkunjug di Kota Kotamobagu.

Seperti yang dikatakan.  Moch Agung Adati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (isparbud) Kotamobagu , ada  beberapa  budaya dan tradisi Mongondow yang sudah terlupakan dan itu yang harus diangkat kembali.

“Nantinya kita akan buat seminar adat untuk mengkaji sejumlah budaya yang sudah hampi punah maupun yang sudah punah.” Kata Agung Adati.

Dikatakannya juga , berdasarkan hasil musrembang  ditingkat Kotamobagu tahun2017 lalu, ada sekitar 17 seni tradisional Mongondow yang hampir punah, bahkan sudah punah, itu yang harus diangkat kembali diantaranya Rabambo , Kuntung, Odenon, Bondit, Yayungkagi, serta tari lainnya .

“Tentunya untuk mengangkat adat serta budaya mulai dari Seni Tari, Sastra, permainan tradisional, itu  nantinya akan melaksanakan seminar dengan melibatkan  berbagai elemen diantanya , pemerhati Budaya , para tokok tokoh adat yang ada di Kotamobagu dan  Bolaang Mongondow Raya.” Pungkas Moch Agung Adati.

Baca juga:   James Karinda : Jangan Libatkan Guru Dalam Politik Praktis

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of