Sebanyak 20 Ruko Pasar 23 Maret Kotamobagu Ditutup

KOTAMOBAGU. MA.- Kamis (25/10/2018) sekitar pukul 09:00 WITA. Pemerintah Kota Kotamobagu melaui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu mengambil langka dengan memasang tanda pengumuman untuk menutup 20 Ruko (Rumah Toko) yang ada di Pasar 23 Maret Kota Kotamobagu. Setelah sebelumnya sudah mengeluarkan surat peringatan.

Langka penutupan ini dilakukan berdasarkan Peratutan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar Pasal 15 Ayat 6 (Enam) Tentang Penutupan Objek Retribusi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi- UKM Kotamobagu, Herman Araiy. mengatakan pemasangan tanda penutupan terhadap 20 Ruko yang sesuai Surat Peringatan Ketiga (SP-3) 20 Rumah Toko (Ruko) belum membayar tunggakan retribusi selama 10 Bulan.

“Pemasangan tanda penutupan 20 buah Kios ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 Tahun 2017, dimana sejak Bulan Januari sampai September 2018, para pemilik Kios belum membayar Retribusi yang sebelumnya juga pihak kami sudah mengeluarkan Surat Peringatan Satu, dua dan tiga.” Kata Herman Araiy.

Baca juga:   Deprov Dan Pemprov Sulut Saksikan Siaran Langsung Pidato Presiden Jokowi Terapkan Protokol Kesehatan

Herman Araiy menjelaskan sejak berakhirnya Hak Guna Bangunan (HGB) pada tahun 2013, dari jumlah 67 Ruko yang ada di Pasar 23 Maret,  20 Ruko ini yang belum membayar Retribusi. Untuk itu kami melakukan pemasangan pengumuman penutupan, akan tetapi bukan berarti Kios ditutup Total. Kita masih memberikan kesempatan untuk beraktifitas kepada pemilik Kios untuk menyelesaikan tunggakan Retribusi.

“Yang tentunya kami selaku pemerintah Kotamobagu masih tetap memberikan kesempatan kepada pemilik Kios untuk menyelesaikan retribusi selama 1 Minggu dari sekarang. Kalaupun belum juga membayar maka kami pemerintah Kotamobagu bersama pihak terkait lainnya akan mengabil langka untuk penutupan total”

Lanjut Araiy, saat ini untuk tahun 2018 sampai Bulan Setember, tunggakan retribusi seluruh Ruko yang berjumlah 67 Ruko yang ada di Pasar 23 Maret, berjumlah Rp. 197 Juta. ‘Ungkap Herman Araiy.

Pemasangan tanda pengumuman Penutupan 20 Ruko ini pihak Disperdagkop-UKM Kotamobagu melibatkan Dinas Pol-PP, Dishub, serta dari pihak keamanan dari Polres Kotamobagu, berlangsung aman.

Penulis:  (DIX).

votes
Article Rating
Baca juga:   Musik Tradisisonal Rabambo Dimainkan Saat Seminar Kebudayaan Mongondow

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments