Sambangi Minahasa Komisi IV Apresiasi Sekolah Menengah Dan Kejuruan Di Minahasa

Foto : Komisi IV di SMA I Langowan

Minahasa, INewscrime.com- Dari hasil kunjungan kerja ke beberapa sekolah menengah dan kejuruan di Kabupaten Minahasa Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Sulawesi Utara, James Karinda SH. MH, mendesak pemerintah untuk segera memperhatikan bangunan fisik dari setiap SMA dan SMK di Minahasa.

Pasalnya, dari hasil turun lapangan Komisi 4 DPRD Sulut, bersama dari Diknas Pendidikan Sulut di SMK Negeri I Tondano, SMK Negeri I Remboken dan SMA Negeri I Langowan, Jumat (19/1/2017), ditemukan beberapa infrastruktur sekolah sudah tidak menunjang, seperti meja berlubang, kekurangan bangunan kelas, jumlah wc dan komputer.

Padahal tiga sekolah tersebut yang merupakan terbesar di Minahasa dan selama ini tidak memungut biaya komite kepada siswa.

“Atap sekolah banyak yang rusak, pengadaan komputer, meja kursi mesti dipentingkan karena selama ini dana pembangunan kurang dan agar pada APBD perubahan bisa diatur karena dana BOS itu dari pusat bukan dari Sulut jelas berbeda,” kata James Karinda

Lanjut James Karinda, tunjangan Tenaga Harian Lepas (THL) yang mengajar juga mesti diprioritaskan mengingat merekalah para “Umar Bakri” zaman sekarang.

Baca juga:   Hendra Jacob : Sedikitpun Saya Tak Akan Bergeming

 

Foto : Komisi IV di SMK I Tondano

“Bahkan pembangunan untuk pendidikan perlu segera ditata oleh pemerintah dan catat THL disini siapa saja yang sudah mengajar lewat dari dua tahun, apalagi empat tahun,” terang James Karinda.

Namun disisi lain Karinda Cs juga mengapresiasi sekolah sekolah tersebut karena mampu menjalankan proses belajar tanpa ada pungutan liar namun tetap mampu berprestasi.

Kalau seperti ini kami tidak akan ragu untuk memperjuangkan anggaran untuk perbaikan fasilitas di sekolah sekolah ini untuk dianggarkan pada anggaran Perubahan.

“Sekolah menengah dan kejuruan di Manado harus banyak belajar pada sekolah sekolah di Minahasa, “tukas Karinda

Sementara itu Kabid pendidikan SMA/SMK Sulut Arthur Tumipa, mengakui bahwa sekolah tanpa tunjangan infrastruktur takkan maju.

Foto : Komisi IV di SMA I Remboken

“Masih sangat perlu diperhatikan, jadi harapan kedepannya APBD perubahan mesti ada penganggaran termasuk komputer karena penting untuk UNBK nanti,” jelas Tumipa.

Diketahui pada Jumat 19/1-2018 komisi I DPRD Sulut bersama dengan dinas terkait mengadakan  kunjungan kerja ke beberapa service dan RS Noongan untuk meninjau langsung keberadaan sekolah dan rumah sakit tersebut. (Bob)

Baca juga:   Ketua KNPI Sulut Sampaikan Keprihatinan Dan Duka Mendalam Pada Keluarga Korban Bom Surabaya

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of