Sambangi Mayonif 715/Motuliato, Ini Pesan Pangdam XIII/Merdeka

Gorontalo, iNewscrime – Gelar kesiapan pasukan ini merupakan salah satu upaya Komando untuk mengecek dan memastikan sejauh mana kesiapan Satgas Yonif 715/Motuliato untuk menjalankan tugas negara, yakni menjaga dan mengamankan perbatasan darat Indonesia – Timor Leste di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut dikatakan Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito saat memeriksa kesiapan Batalyon Infanteri (Yonif) 715 dalam rangka penugasan operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-RDTL yang bertempat di Mayonif 715/Motuliato, Kolonino, Gorontalo Selasa (19/12/17).

“Perbatasan darat Indonesia – Timor Leste merupakan salah satu titik rawan yang harus dikontrol dengan sebaik-baiknya guna menjaga martabat dan harga diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan cinta damai,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut kata Pangdam, sementara itu banyak warga Timor, baik yang warga negara Indonesia dan tinggal di bagian Timur Pulau Timor maupun yang berkewarganegaraan Timor Leste di bagian Barat Pulau Timor, yang masih merasa bahwa mereka adalah satu keluarga, satu suku bangsa, namun terpaksa berbeda kewarganegaraan.

Baca juga:   Gelar Karya Bhakti, Dandim Manado : Karya Bhakti Ini Merupakan Bentuk Kepedulian TNI Kepada Rakyat

“Hal ini tentunya mengundang berbagai kerawanan yang mungkin tidak disadari oleh mereka, baik yang berkaitan dengan bidang pertahanan, hukum, ekonomi maupun keamanan,” lanjutnya.

Dirinya menjelaskan, dari berbagai permasalahan di atas, yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah kemungkinan terjadinya penyelun-dupan senjata api, narkoba, pelintas batas ilegal, illegal logging dan pemindahan patok batas negara serta mereka yang mempunyai agenda tertentu yang mungkin dapat mengganggu stabilitas keamanan dalam negeri Indonesia.

Oleh karena itu Pangdam berharap bahwa kalian, para Prajurit Motuliato, dapat menjalankan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Tunjukkan bahwa kalian adalah Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang dapat diandalkan untuk menjalankan tugas negara dengan penuh semangat dan dilandasi sikap disiplin yang tinggi,” harap Pangdam.

Dirinya juga berpesa siapkan segala kebutuhan yang diperlukan, agar kalian nanti tidak malah menyulitkan warga yang tinggal di sana. Manfaatkan waktu yang ada secara maksimal sebelum berangkat untuk melengkapi segala sesuatu yang dibutuhkan nantinya di tempat tugas.
“Kepada Danbrigif 22/Otamanasa, koordinasikan terus secara intensif dengan para Kabalak Dam XIII/Merdeka terkait Alkap satuan dan perorangan Satgas Yonif 715/Motuliato yang akan digunakan dalam menjalankan tugas Ops Pamtas Darat RI – RDTL agar tidak terkendala dengan hal-hal yang bersifat non teknis,” tandas Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.
(***/tsir)

Baca juga:   Pelaku Pembunuhan di Ternate Tanjung Menyerahkan Diri di Polres Bone Bolango

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments