Rumah Adat Model Tempo Dulu Di Kotamobagu Terus Dilestarikan

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Kota Kotamobagu saat ini terus melakukan inventarisasi terhadap warisan benda maupun warisan tak benda yang dimiliki oleh warga masyarakat Kotamobagu untuk dilestarikan, salah satunya keberadaan warisan benda berupa rumah adat yang terbuat dari Kayu dengan kontruksi tempo dulu dibeberapa Desa/ Kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu.

Hal tersebut dilakukan untuk dilestarikan dan dijadikan sebagai destinasi pariwisata serta menarik minat para wisatawan manca negara serta wisatawan lokal datang  berkunjung di Kota Kotamobagu

Seperti yang dikatakan Moch Agung Adati Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disprbud) Kota Kotamobagu. saat ini pihaknya terus menginvetarisasi beberapa rumah adat tempo dulu  milik pribadi yang berada di Desa Kopandakan Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, namun masih terkendala dikarenakan rumah adat dengan gaya tempo dulu ini, masih berfungsi sebagai tempat tinggal para pewarisnya.

“Kami terus melakukan inventarisasi beberapa warisan benda maupun warisan tak benda yang ada di Kota Kotamobagu, seperti warisan benda berupa rumah adat. Namun saat ini kami terkendala  karena beberapa rumah adat tempo dulu milik pribadi sampai saat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal para pewarisnya, sehingga penanganannya masih terbatas.”

Baca juga:   Paslon TB-NK Terus Ungguli JADI-JO Dalam Quick Count Pilkada Kotamobagu

Lanjutnya, dengan adanya beberapa rumah adat tempo dulu yang masih tetap berdiri kokoh ini, diminta agar pemilik dapat mempertahankan dan terus melestarikannya.” Kata Moch Agung Adati.

Diketahui masih ada beberapa rumah adat dengan kontruksi kayu yang dibuat pada tahun 1930-1940 an, yang berada di Desa Kopandakan Kecamatan Kotamobagu Selatan , dan Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, masih tetap terjaga dan berdiri kokoh. (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments