Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub 2020 Tingkat Provinsi Dimulai

Manadoaktual.com, SULUT -Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020 telah resmi dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut pada Kamis (17/12/2020).

Mengawali proses rekapitulasi, Ketua KPU Manado Ardiles Mewoh mengatakan rekapitulasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini Sulut sedang dilanda pandemi Covid-19, sehingga beberapa stakeholder terkait harus mengikuti rekapitulasi secara daring menggunakan zoom meeting.

“Karena kita tentu berupaya memutuskan rantai penularan dan patuh menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 selama kegiatan pleno ini,” ujarnya saat membuka rekapitulasi di Mercure Manado Tateli Beach Resort yang dihadiri langsung secara terbatas oleh Bawaslu Sulut, saksi paslon dan KPU Kabupaten/Kota.

Dirinya pun memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena semua yang hadir masih diberikan kesehatan untuk melaksanakan seluruh tugas dan pekerjaan, terutama melaksanakan tahapan-tahapan dalam Pilgub Sulut 2020.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pasangan calon yang sudah mengikuti sejak awal proses rekapitulasi yang kami lakukan secara berjenjang mulai dari tingkat PPK, Kabupaten/Kota, dan tibalah kita di tingkat Provinsi, yang sejalan dengan pengawasan yang terus dilakukan oleh Bawaslu Sulut,” tukasnya.

Baca juga:   KPU Sulut Terima Logistik Surat Suara Tahap Dua di Pelabuhan Peti Kemas Samudera Kota Bitung

“Rapat pleno terbuka ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 perubahan pada PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal. Dimana dalam ketentuan bahwa pelaksanaan pleno terbuka di tingkat Provinsi dilaksanakan dari tanggal 16-20 Desember 2020,” terang dia, didampingi Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan, Lanny Ointu, Meidy Tinangon, Salman Saelangi dan Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti.

Ia berharap agar rekapitulasi dapat berjalan dengan lancar, dan kiranya sebelum dengan waktu yang telah ditentukan, rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh 15 Kabupaten/Kota se-Sulut bisa diselesaikan. Rekapitulasi hari pertama sendiri diawali oleh KPU Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang membacakan hasil rekapitulasinya.

Turut hadir dari ruangan terpisah yakni Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut. Forkopimda mengikuti rekapitulasi melalui sambungan zoom. Rekapitulasi kali ini pun disiarkan secara langsung melalui kanal media sosial resmi KPU Sulut, agar bisa disaksikan seluruh masyarakat Bumi Nyiur Melambai.

(*/olvie)

vote
Article Rating
Baca juga:   Meidy Tinangon Resmi Membuka Kegiatan Media Gathering Penetapan Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments