Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Walikota & Wakil Walikota Kotamobagu Berlangsung Khidmad

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, menggelar prosesi adat Poponikan Kon Komalig, (Menempati rumah jabatan), bagi Walikota Kotamobagu,                  Ir. Hj. Tatong Bara, dan Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH. berlangsung Khgidmat.

Pelaksanaan prosesi adat Poponikan Kon Komalig  (Menempati Rumah Jabatan) Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu ini, diawali dengan prosesi adat penobatan Kepada Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara sebagai  Kolano In Kotamobagu (Pemangku adat tertinggi Kota Kotamobagu) kepada Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara.

Dari pantauan awak manadoaktual.com usai prosesi adat penobatan kepada Walikota Kotamobagu sebagai pemangku adat teringgi di Kotamobagu, Walikota Kotamobagu didampingi para tokoh adat menuju rumah jabatan Walikota Kotamobagu dikawal dengan Tari Tuitan.

Sesampainya di Rumah Jabatan Walikota Kotamobagu, kembali  disambut itu-itum (Doa) oleh  tua adat dan berjalan menuju Lukotan  /Tolatak / Sinontandai (Tangga terbuat dari Bulu Kuning) dan berhenti sejenak untuk mengikuti ritual adat Tabangan (Menetralisir energi negatif pada diri pemimpin) dan melangkahi Uwatoi Muna (Besih Bertua) didepan pintu dan masuk ke Rumah jabatan didampingi tua tua adat sambil menyampaikan bahasa adat.

Baca juga:   Tiga Dandim Diganti, Danrem 131/Santiago Pimpin Sertijab

Ritual  yang sama juga dilakukan di Rumah jabatan Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan,  dimana Wakil Walikota ini dari Rumah pribadi dikelurahan Gogagoman, Wakil Walikota ini dijemput dengan Tari Tuitan dan dilakukan Itu-Itum (Doa) dipandu tua tua adat dan menapaki  Lukotan /Tolatak Sinontandai (Tangga terbuat dari bambu kuning) kemudian masuk Rumah Jabatan untuk menempati Rumah Jabatan Wakil Walikota Kotamobagu.

Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig  (Menempati Rumah Jabatan) Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu ini, disaksikan oleh Bupati Boloaang Mongondow, unsur Forkopimda, para Pimpinan SKPD, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan para tamu undangan serta masyarakat Kotamobagu.

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments