Polres Bolmong Gelar Konferensi Pers Terkait Pencurian Di PT. CONCH

KOTAMOBAGU. MA. Rabu (5/9/2018). Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bolaang Mongondow, (Bolmong), AKBP. Gani F Siahaan, menggelar Konferensi Pers terkait kasus pencurian kabel milik PT CONCH, di Desa Solog, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam Konferensi Pers Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP. Gani F Siahaan menyampaikan, terkait aksi pencurian kabel Voksal di PT. Consh,  pihaknya  berhasil mengungkap 41 orang yang diduga tersangka, dan mengamankan barang bukti tembaga hasil curian serta beberapa alat yang digunakan dalam menjalankan aksi mereka.

Dari 41 orang yang diduga pelaku aksi pencurian ini 6 orang ditangkap, 33 orang menyerahkan diri, sementara 3 orang lainnya masih buron. Mereka terbagi dalam tiga kelompok yaitu masing masing kelompok dikendalikan oleh Inisial JA (41) beranggotakan 11 orang, dan Kelompok yang ditukangi inisial NH, dengan jumlah anggota 16 orang, serta kelompok inisial YT yang beranggotakan 13 orang, dengan proses pencurian dilakukan berulang ulang.

Kapolres menjelaskan tindak pidana pencurian yang dilakukan pada malam hari yang dilakukan lebih dari dua orang bersama- sama atau lebih dan ditemukan oleh penjaga keamanan (Security) pada Kamis tanggal 16 Agustus 2018 sekitar pukul 20:23, dilokasi penampungan gulungan kabel tembaga Voksal diarea perusahaan semen tersebut, dengan perkiraan perusahaan mengalami kerugian 3 miliar.

Baca juga:   Bekali Siswa SMP Dan SMA, Ruthi Bambang Waskito Ingatkan Tentang Bahaya Narkoba Dan Pentingnya Menjaga Kelestarian Kawasan Pesisir Dan Laut

Dalam menjalankan aksi para tersangka secara berkelompok masuk ke area Pebrik Semen PT. CONCH tempat penampungan gulungan kabel tembaga Voksal kemudian ditarik, dipotong potong, dikupas hingga tinggal tembaga, setelah itu dibawa untuk dijual, lalu uang hasil penjualan dibagi bagi.

Kapolres mengatakan langka langka yang diambil yaitu, melakukan oleh TKP, melakukan penyitaan barang bukti (BB), melakukan pemeriksaan saksi-saksi, melakukan penangkapan dan penahanan ke-39 tersangka, serta mengeluarkan DPO (Daftar Pencarian Orang) terhadap 3 (Tiga) tersangka yang melarikan diri.

Lanjutnya, Para tersangka terancam Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Ungkap Kapolres Bolmong, AKBP. Gani F Siahaan. dalam Konferensi Persnya.

Saat ini para tersangka lagi diamankan di Mako Polres Bolmong, bersama barang bukti (BB) yaitu, 6 (Enam) Karung kabel tembaga yang sudah dikupas, 1(Satu) Unit kendaraan R4 Xenia warna Hitam, 1 (satu) Buah gergaji besih, 8 (Delapan) Buah pisau jenis Cutter dan mata pisau, serta potongan potongan karet pembungku kabel .

Penulis: (DIX).

 

Bagikan berita ini!

Baca juga:   DPRD Sulut Gelar Paripurna, Penyampaian 5 Agenda Penting

avatar
  Subscribe  
Notify of