Pjs Walikota Kotamobagu Irup Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTAMOBAGU. MA.- Meski diguyur hujan tak menyurutkan niat Pemerintah Kota Kotamobagu bersama jajaran serta masyarakat melaksankan Upacara memperingati Hari Lahi Pancasila bertempat dilapangan Boki Hontinimbang Kota Kotamobagu, Jumat (1/6 /2018).

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur Upacara adalah Penjabat Walikota Kotamobagu Mohammad Rudi Mokoginta, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda serta para pejabat serta Aparatus Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu.

Penjabat Walikota Kotamobagu dalam membacakan sambutan Presiden Rupublik Indonesia menyampaikan pancasila diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni tahun 1945 kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara untuh pada 18 Agustus 1945.

“Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melaui perenungan, pemikiran, serta kejernihan batin. Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh yang menjadi fondasi dibagunnya Indonesia yang bersatu berdaulat adil dan makmur.” Kata Mohammad Rudi Mokoginta, mengutip sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Baca juga:   Seberapa Bahayanya Doping?

Dalam sambutan juga Presiden Joko Widodo berpesan, mari kita jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita, dengan bersikap saling menghormati, tingkatkan toleransi, saling membantu untuk kepentingan bangsa.

“Mari kita saling bersikap santun,saling menghormati, saling bertolerasnsi, saling membantu, bahu membahu, bergotng royong untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Lanjutnya, tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Semangat bersatu akan meneguhkan langka kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.“ Pesan Jokowi.

Hari lahir Pancasila telah ditetapkan pada tanggal 1 Juni di era Pemerintahan Joko Widodo untuk diperingati setiap tahunnya. Sebagai pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta cita cita proklamasi kemerdekaan diwujudkan.  (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments