Petambak Udang Sangihe Rindu Ekspor

Foto : Ilustrasi Panen UdangĀ 

Sangihe, INewscrime.com- Petambak udang di Desa Peta barat kecamatan Tabukan Utara kabupaten kepulauan Sangihe mengaku bersyukur atas bantuan bibit udang yang di berikan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara lewat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh para petambak udang tersebut pada Anggota Dewan Provinsi Sulawesi Utara Meiva Salindeho Lintang yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kelautan dan Provinsi Sulawesi Utara Haidy Malingkas saat kunjungan lapangan Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggung jawaban Gubernur 2017 untuk meninjau langsung keberadaan dan optimalisasi program program pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di Kabupaten Sangihe sepanjang tahun 2017.

Kedepannya para petambak udang berharap agar pemerintah dapat kembali menghidupkan gairah dari para petambak yang sempat merasakan surplus dengan melakukan ekspor udang. Menurut para petambak hal tersebut bisa terwujud karena ketersediaan bibit yang melimpah.

Hal tersebut mereka sampaikan langsung pada legislator Meiva Salindeho Lintang dan Sekdis DKP Haidy Malingkas. Diakui oleh Sekdis Haidy Malingkas ketersediaan bibit yang terbatas merupakan kendala sehingga petambak udang sulit untuk kembali melakukan ekspor seperti dulu.

Baca juga:   Hukum Tua Desa Mangkit Banjir Sorotan, Bupati Sumendap Di Minta Turun Tangan

“Para petambak memerlukan hatcery (tempat penetasan )untuk pembibitan udang sehingga tidak harus menunggu dari luar daerah Sulawesi Utara. Sedangkan dari Manado saja agak kesulitan untuk mendistribusi bibit ke Sangihe agak kesulitan apalagi dari luar Sulut,” tukas Malingkas.

Hal lainnya yang diharapkan dari para Nelayan di Sangihe adalah optimalisasi bantuan pada mereka. Kedepannya mereka berharap bisa mendapatkan bantuan perahu yang lebih besar dan kemampuan mesin yang lebih besar pula.
“Sejauh ini dengan ketinting yang kelompok kami miliki belum mampu bersaing dengan kapal kapal yang lebih besar. Hal tersebut di aminkan oleh Sekdis. Memang diakui bantuan tersebut belum optimal karena.ketersediaan anggaran. Tapi kedepannya pasti akan di optimalkan,”aku Sekdis Kelautan.

Sementara itu Meiva Salindeho Lintang pada media mengatakan sejauh ini apa yang pemerintah Provinsi lakukan lewat bantuan bantuan yang ada adalah bentuk kepedulian pemerintah pada Daerah Kepulauan Sangihe. Yang pasti dirinya bersama empat legislator Dapil Sangihe akan terus mengawal semua proyek proyek pemerintah yang masuk ke Sangihe,” pungkas Istri dari Mantan Bupati Kepulauan Sangihe Winsu Salindeho Lintang ini. (Robby)

Baca juga:   Reses Di Silian KDP Terima Keluh Kesah Warga Terkait Maraknya Tambang Liar & Pembalakan Liar Getah Pohon

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo