Persipura Permalukan Persebaya 4-3 Di Gelora Bung Tomo

Thiago Amaral Melakukan Selebrasi Usai Mencetak Gol.

SURABAYA, (MA)- Pernyataan pelatih Persipura Jayapura Jacksen Thiago dalam Pre Match confrence kemarin (Kamis, 11/3-2020) bahwa timnya akan menciptakan sejarah baru saat berhadapan dengan Persebaya di GBT ternyata bukan hanya gertak sambal.

Tak tanggung tangung, anak anak Papua ini mempermalukan tim “Bajul Ijo” Persebaya Surabaya didepan para Bonek Mania 4-3 pada pekan ketiga Shopee Liga 1 Indonesia 2020 dalam laga yang di gelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3-2020)

Thiago Amaral mempersembahkan 2 gol (menit 20 dan 34) dalam pertandingan ini, 2 gol lainnya diciptakan oleh M Tahir dan Joshua Pahabol masing masing di menit ke 51 dan 88.

Persebaya Surabaya yang coba mengejar ketertingalan hanya mampu mencetak tiga gol lewat gol David Silva di menit 43, Mahmoud Eid di menit 74 dan Irawan R di menit 89.

Dengan hasil ini, Persipura sementara naik ke posisi 3 papan kelasemen sementara dengan 6 poin. Sedangkan Persebaya menghuni papan bawah di posisi 14 karena hanya mengoleksi satu poin.

Pada awak media di sesi konfrensi pers coach Jacksen berujar bahwa kekalahan dari Borneo FC jadi titik balik kebangkitan anak asuhnya.

Baca juga:   Kalah 2-0 Dari Borneo FC, Jacksen Thiago Tetap Apresiasi Anak Asuhnya

” Pasca kekalahan dari Borneo kita nonton rekaman vidio, kita putar ulang, kita latihan dan sangat bersyukur membuahkan hasil yang baik,” ungkapnya.

Pujian dilontarkan Thiago pada Persebaya dengan mengatakan bahwa tim persebaya dari tengah kedepan sangat luarbiasa.
“sayangnya lemah pada sektor pertahanan serta Kiper dan itu yang kita manfaatkan ,”tandasnya.

Senada dengan pelatih Jacksen Tiago, Israel Warmiau pemain Persipura yang mendampingi coach Jacksen saat konfrensi pers juga bersyukur atas hasil positif melawan Persebaya.

“Bersyukur bisa menang atas Persebaya dan kami bisa bangkit usai kalah dari Borneo,”ujar Israel singkat.

Sementara itu, dikutip dari goal.com dalam konfrensi pers, Pelatih Persebaya Aji Santoso menyebut anak asuhnya banyak melakukan kesalahan.

“Memang gol yang terjadi akibat transisi kami yang agak sedikit terlambat. Ada pemain yang melakukan kesalahan terus di-counter,” ucap pelatih Persebaya tersebut, pada sesi jumpa pers selepas pertandingan.

“Saya sudah sampaikan berulang-ulang pada seluruh pemain agar tidak melakukan pelanggaran di sepertiga pertahanan. Tetapi masih ada yang melakukan kesalahan, dan dieksekusi dengan baik oleh lawan,” imbuh dia.

Jalannya pertandingan.

Babak Pertama

Diawal awal babak pertama, petaka menghampiri Persipura Jayapura.
Baru 8 menit pertandingan berlangsung, Persebaya mendapatkan hadiah penalti usai David da Silva dijatuhkan Israel Wamiau.

Baca juga:   Hadapi Persebaya Di GBT, Persipura Siap Ciptakan Sejarah Baru

Sayangnya, David da Silva yang dipercaya menjadi algojo penalti gagal menjalankan tugasnya, tembakannya dapat dihalau kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Tak.sampai disitu saja, pada menit 14 setelah sang kapten Boaz Solossa tidak dapat melanjutkan pertandingan dan digantikan Yoku.

Namun, keluarnya Boaz justru menjadi titik balik kemenangan Persipura.

Dua gol berturut turut di di menit ke 20 dan 34 oleh Thiago Amaral merubah peruntungan Tim Mutiara Hitam.

Gol pertama yang dicetak Thiago terhitung istimewa, karena dilesakkan via sepakan bebas. Persipura unggul 2-0 atas Persebaya.

Tersentak dengan dua gol Persipura, Persebaya mencoba bangkit. Pada menit 43, Persebaya berhasil memperkecil kedudukan via Da Silva, memanfaatkan umpan dari Mahmoud Eid. Skor 2-1 untuk keunggulan Persipura bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan enam menit, Persipura melesakkan gol ketiganya via tembakan Muhammad Tahir.

Berhasil melewati satu pemain Persebaya, tembakan gelandang yang pernah menjalani seleksi bersama Tim Nasional Indonesia itu gagal diantisipasi kiper Rivky Mokodompit.

Skor berubah 3-1 untuk keunggulan Persipura. Setelah gol tersebut, pelatih Aji Santoso memasukkan Patrich Wanggai untuk menggantikan David sa Silva.

Baca juga:   Saksikan Laga Persipura VS PSIS, The Karakas Boyong 116 Karyawan PT Freeport Ke Stadion Klabat

Selang empat menit berada di lapangan, Wanggai langsung membuat ancaman.

Hanya saja, tembakan kaki kiri Wanggai dapat ditahan kiper Persipura. Setelah membuat sejumlah peluang, Persebaya akhirnya mempertipis kedudukan lewat Mahmoud Eid pada menit 74. Memanfaatkan umpan Makan Konate, tembakan Eid gagal ditahan Dede Sulaiman. Skor 2-3 masih untuk keunggulan Persipura. Ketika pertandingan hampir berakhir, kedua tim sama-sama mencetak satu gol.

Persipura mencetak gol lewat Yohanes Pahabol pada menit 88, sedangkan Persebaya via aksi Rendy Irwan (91’). Hingga pertandingan berakhir, Persipura menang 4-3 atas Persebaya.

Berikut susunan pemain Persebaya vs Persipura:

Persebaya (4-4-2): Rivky Mokodompit (PG); Koko Ari, Rizky Ridho, Hansamu Yama, Alwi Slamat; Aryn Williams, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Makan Konate; Mahmoud Eid, David da Silva.Pelatih: Aji Santoso

Persipura (4-5-1): Dede Sulaiman (PG); Yustinus Pae, Israel Wamiau, Donny Monim, David Rumakiek; Muhammad Tahir, Thiago Amaral, Takuya Matsunaga, Todd Ferre; Boaz Solossa, Gunansar Mandowen.

(***)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments