Perkebunan Mobalan Menjadi Pusat Pengembangan Kopi Dari Puitkako

KOTAMOBAGU – MA -Pemerimtah Kota Kotamobagu tefus menseriusi untuk pengembangan Kopi yang ada di areal perkebunan Mobalang Desa Poyowa Besar II Kecamatan Kotamobagu Selatan

Hal tersebut setelah adanya penetapan oleh Kememterian Pertanian melalui Surat Keputusan (SK) ,tahun 2016 terkait dengan pengembangan tanaman Kopi.

Seperti yang dikatakan Sofian Mokoginta, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembagunan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, dimana dalam waktu dekat in, akan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kopi dan Kakao (Puslitkako) Jember untuk melakukan penelitian kembaliKultur tanah di wilayah perkebunan Mobalang.

“Sejak tahun 2016 lalu perkebunan Mobalang sudah ditetapkan sebagai daerah penegembangan Kopi okeh Kementerian Pertanian. Dan anggarannya untuk biaya pembibitan serta pengenbangannya kami sudah sediakan.” Kata Sofian Mokoginta.

Lanjutnya, dalam riset ini akan diperiksa juga keadaan struktur tanah sampai pada suhu udara di ketinggian apakan tanaman kopi jenis apa yang yang cocok di kembangkan. Intinya kalaubsudah ada riset baru kita usulkan jenis Kopi apa yang nantinya akan dikembangkan.” Pungkas Sofian Mokoginta. (DIX).

Baca juga:   Berbagai Fasilitas Hutan Kota Bonawang Dibenahi

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments