Pemkot Kotamobagu Siap Menjawab Regulasi SPBE Dengan Infrastruktur TIK Yang Dimiliki

KOTAMOBAGU. MA.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu sudah sangat relevan dengan adanya regulasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Perencanaan Berbasis Elektronik (SPBE).

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu Ahmad Yani Umar, dengan adanya regulasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Perencanaan Berbasis Elektronik (SPBE), Infrastruktur TIK yang dimiliki pemerintah Kotamobagu sudah bisa menjawab beberapa regulasi yang ada.

Diantaranya,  undang undang 25 Tahun 2014 Tentang Sistem Perencanaan Nasional yang disitu sudah memuat tentang e-Planing, e.bajeting, e.data base,e-monev. Selanjutnya juga sudah bisa menjawab tentang regulasi undang undang nomor 17 Tahun 2007. Tentang rencana pembangunan jangka panjang 2005-2025. Karena salah satu dari sembilan bidang adalah bidang Sistem Informasi Daerah (SIDA). Kemudian  juga sudah bisa menjawab regulasi undang undang 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik, sebab salah satu yang masuk dalam penilaian dari Ombudsman  adalah Sistem Pelayanan Publik.

Dengan adanya  infrastruktur ini juga tentunya sudah bisa menjawab undang undang  23 Tahun 2014 Tentang pemenrintahan daerah yang Aplikasi selanjutnya ada di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 Tahun 2016 tentang struktur pemerintahan daerah yang memuat beberapa bidang yaitu bidang urusan pemerintah yang wajib yaitu pelayanan dasar, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan, Trantibum, dan Sosial.

Baca juga:   Panwaslu Kotamobagu Resmi Polisikan Oknum Penyebut Anjing & PKI

“Dengan adanya raegulasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 Tentan SPBE, Kami sangat bersyukur karena dari segi Infrastrukltur Kominfo Kota Kotamobagu sudah siap 70 persen, karena sudah ada Aplikasi sudah jalan. Contoh untuk administrasi Pemerintahan kami sudah ada aplikasi SIAP dan SIKAP ASN , dan untuk pelayanan publik kami sudah ada aplikasi SIKEMAS (Sistem Keluhan Masyarakat) yang tentunya sudah bisa menyesuaikan dengan Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu.” Kata Ahmad Yani Umar. Kamis (18/10/2018).

Lanjutnya, Diskominfo Kota Kotamobagu juga sudah mengikuti evaluasi SPBE beberapa waktu lalu, dan Insyaallah ini bisa memberikan motivasi bagi seluruh ASN yang ada di Kota Kotamoabgu dan ASN yang berada di Daerah yang lain.” Terang Ahmad Yani Umar.

Diketahui Aplikasi e- SIAP ( Sistem Informasi Penataan Aparatur Sipil Negara ) e-SIKAP (Sisten Insentif  Kinerja, dan Kehadiran Pegawai), untuk pelayanan pemerintah, dan e- SiKeMas (Sistem Keluhan Masyarakat) untuk pelayanan Publik.

Penulis: (DIX).

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Baca juga:   Walikota Hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kotamobagu, Mendengarkan Pidato Kenegaraan

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments