Pemkot Kotamobagu Perkenalkan Potensi Daerah Lewat KIM

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam rangka pencapaian target menjadikan Kota Kotamobagu sebagai Kota Cerdas (Smart Citty).

Kepal Dinas Kominfo Kota Kotamobagu Ahmad Yani Umar melalui Kabid Statistik Komunikasi dan Informasi Moh Fahri Damopolii, mengatakan,  ada 14 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dibentuk di Kelurahan / Desa di Kota Kotamobagu dan akan diberi pelatihan membuat situs atau blog,  dengan tujuan membantu memperkenalkan potensi lewat situs maupun belajar mengenal teknologi.

“Kami akan memberikan pelatihan, kepada mereka, agar bisa belajar membuat blok, kemudian blok tersebut digunakan mengupload potesi alam, kuliner serta sosial budaya masyarakat,” Kata  Fahri Damopolii, Selasa (26/6/2018).

Dikatakannya juga, dari data yang ada, tahun 2017 ada delapan Kelompok Informasi Masayarakat (KIM), sedangkan 2018 enam Kelompok  diantaranya, Desa Moyag, Desa Bilalang, Kelurahan Genggulang, Kelurahan Tumubui, Kelurahan Kobo, Kelurahan Motoboi Kecil, Kelurahan Kotamobagu, Desa Poyowa serta lainnya.

“Dari 14 kelompok informasi masyarakat ini diberikan fasilitas Wifi untuk melaksanakan program ini.” Terang Fahri Damopolii.

Baca juga:   Di Guyur Hujan Deras, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut H. Amir Liputo Tetap Meriahkan Manado Fiesta

Sementara itu, Kepala Bidang Teknologi Infornasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Kotamobagu , Yusrin Matali mengatakan, pemasagan Wifi, baru dilakukan di delapan Kelurahan/ Desa, dengan kecepatan wifi, 3 mega bit per second (Mbps), dengan kapasitas 10 pemakai atau koneksi. Dan kemungkinan tahun ini ada enam desa kelurahan akan dipasang wifi baru.

Lanjutnya,  tahun 2018 total anggaran untuk KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) sebesar Rp. 126.461.712 diserahkan kepada 6 Desa/Kelurahan masing-masing Rp. 21.076.952,- dalam bentuk peralatan infrastruktur komputer jaringan yakni Kelurahan Gogagoman, Kotobangon, Motoboi Besar, Biga, Upai dan Pobundayan. Sebelumnya tahun 2017, sudah diserahkan delapan desa/kelurahan yakni Moyag, Tumubui, Kotamobagu, Genggulang, Mongkonai, Poyowa Besar Satu, Motoboi kecil dan Bilalang satu . “ Ungkap Yusrin Mantali.

Sesuai data, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Kotamobagu.

Tahun 2016.

– Desa bilalang 1

– Kelurahan tumubui

– Kelurahan kotamobagu

– Kelurahan motoboi kecil

Tahun 2017

– Desa moyag induk

– Desa poyowa besar 2

– Kelurahan genggulang

– Kelurahan Mongkonai barat

Tahun 2018

Baca juga:   Adam : Dinas Kelautan Dan Perikanan Tetap Eksis Ditengah Wabah Covid - 19

– Kelurahan Gogagoman

– Kelurahan Biga

– Kelurahan Motoboi Besar

– Kelurahan Upai

– Kelurahan Kotobangon

– Kelurahan Pobundayan.   (*).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments