Pemkot Kotamobagu Lombakan Tradisi Monuntul

KOTAMOBAGU. MA. Tradisi pasangan lampu (Monuntul) yang dilaksanakan warga masyarakat pada setiap  bulan Ramadhan  tiga hari sebelum perayaan Idul Fitri, rencananya akan diperlombakan Pemerintah Kota Kotamobagu.

Seperti yang dikatakan Asisten II Setda Kota Kotamobagu Gunawan Damopolii, dimana untuk malam pasang lampu (Monuntul ) pada bulan ramadhan tahun ini, nantinya akan dilombakan di 33 Kelurahan dan Desa yang ada di Kota Kotamobagu dengan memperebutkan hadia jutaan rupiah.

“Total hadiah, sebesar Rp. 37,5 Juta, untuk hadiah juara I sebesar Rp15 juta rupiah, Juara II Rp10 Juta,  juara III Rp.7,5 juta dan IV Rp. 5 juta. Serta bingkisan dari sponsor.” Kata Gunawan Damopolii.

Lanjutnya, tentunya yang dinilai diantaranya tingkat kreatifitas dan kerapian dalam penataan lampu. “ Ungkap Gunawan Damopolii.

Kepala Seksi Bimas Islam, Muhammad Husen mengatakan, monuntul ini merupakan tradisi yang sejak lama selalu dilakukan disetiap bulan ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kegiatan ini lebih melestarikan budaya serta meningkatkan ketakwaan dan nilai-nilai iman, menyambut lebaran Idul Fitri,” Kata Muhammad Husen.

Baca juga:   Dua Rumah Dinas Yonzikon Jagakarsa Terbakar, 11 Unit Damkar Dikerahkan

(DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of