Pemkot Kotamobagu Akan Terbitkan SK Tim Pelayanan Pengaduan Masyarakat

KOTAMOBAGU. MA.- Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan Aplikasi SiKeMas (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat) yang diluncurkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Pemerintah Kota Kotamobagu dalam waktu sekat ini akan menerbitkan Surat Keputusan(SK) tentang Tim Pelayanan Pengaduan Masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) nomor: 36 Tahun 2017. Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik Menggunakan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (-e Government).

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, melalui Kabid Statistik Komunikasi dan Informasi, Muhammad Fahri Damopolii, dalam pemanfaatan Apilkasi SiKeMas, dalam waktu dekat ini akan dibentuk Tim Pelayanan Pengaduan Masyarakat.

“Dalam SK itu nantinya, selaku Koordinator dalam Tim ini adalah Sekda Kotamobagu, Ketua Tim adalah Kadis Kominfo, dengan anggotanya adalah SKPD terkait lainnya, yang berkaitan dengan pelayanan publik.” Kata M Fahri Damopolii. Jumat (10/8/2018).

Dijelaskannya juga sisten kerja dari SiKeMas nantinya ada juga disiapkan SOP (Standart Operation Prosedure). Ketika ada masyarakat melapor akan masuk di admin Kominfo, setelah itu difilter, kerena ada laporan masyarakat yang bisa langsung di respon dan ada juga yang  tidak langsung ditindak lanjuti karena harus melalui proses contohnya Jalan Jembata, itu tentunya belum bisa langsung direspon.

Baca juga:   Forum Lalulintas Kotamobagu Tertibkan Pedagang Gunakan Bahu Jalan

“Sistemnya laporan dari masyarakat masuk ke Admin Diskominfo dan difilter setelah itu akan di Forward ke admin Dinas yang dituju, disitu dilihat kalau pemegang admin Dinas tidak merespon selama satu jam, maka sistem akan secara otomatis akan menfoward ke Kepala Dinas Bersangkutan, dan dalam kurun waktu selama 1x 24 jam Dinas terkait tidak juga merespon, maka secara otomatis juga sistem akan langsung menforward ke Walikota.”

Lanjutnya, Intinya dengan adanya SOP ini semuanya terikat dengan ini karena mau tidak mau setiap keluhan masyarakat harus ditindaklanjuti. ” Jelas M Fahri Damopilii.

Aplikasi SiKeMas (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat) adalah Apikasi yang dikembangkan Dinas Kominfo Kota Kotamobagu untuk menyerap berbagai Informasi berupa keluhan, saran, seta masukan dari masyarakat Kotamobagu mulai dari persoalan layanan pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, perumahan dan kawasan pemukiman , persampahan, Trantibum, Lalulintas dan angkutan jalan, fasilitas umum, pabrik, pengurusan izin, pajak dan retribusi, bahkan sampai dari perilaku Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Kota Kotamobagu.

Baca juga:   Baru 17 Caleg Yang Mengantongi Rekomendasi Kesbangpol Kotamobagu

Penulis: (DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of