Pemdes Moyag Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

KOTAMOBAGU. MA. –Dengan keberadaan cuaca yang tidak menentu saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, menggandeng Badan Sears And Resque Nasional (Basarnas)  menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam kepada masyarakat. Jumat (28/12/2018).

Pelatihan yang diikuti oleh 25 Orang warga setempat, pihak Pemerintah Desa menghadirkan pemateri dari Basarnas Kota Kotamobagu Rusmadi (Kapos) Kotamobagu, untuk memberikan pemahaman tentang karakteristik bencana serta tata cara penaganan tanggap darurat.

“Disini meteri yang diberikan adalah bagaimana pemahaman mulai dari  karakteristik bencana dan sistem tanggap darurat bencana, serta melatih bagaimana cara penanggulangan bencana yang tiba tiba terjadi seperti kebakaran rumah maupun kebakaran lahan pertanian. “ Kata Rusmadi, yang merupakan Kepala Pos Basarnas Kota Kotamobagu.

Rusmadi  mengatakan, pelatihan ini juga masyarakat dilatih macam macam pemindahan darurat diantaranya, cara mengevakuasi korban dilokasi yang terdampak bencana, selain itu ini sebagai persiapan tenaga masyarakat yang siap pakai untuk tim reaksi cepat dalam tanggap darurat.

“Berbagai hal yang dilatih disini, selain mempersiapkan tenaga tim reaksi cepat, serta melatih juga tata  cara mengevakuasi korban dilokasi yang terkena dampak bencana.” Kata Rusmadi.

Baca juga:   Kapolda Sulut dan Kupas Dokes Mabes Polri Resmikan Instalasi Hiperbarik Chamber Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado

Tempat yang sama Kepala Desa Moyag, Rusmin Mamonto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Basarnas Wilayah Kotamobagu, yang telah memberikan materi serta praktek kepada masyarakat dalam bagaimana cara penanggulangan bencana alam.

“Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap masyarakat bisa paham apa yang dipaparkan oleh pemateri guna untuk mengantisipasi serta dapat menurunkan resiko bencana.” Pungkas Sangadi Moyag Rusmin Mamonto.

Penulis: (DIX).

 

 

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of