Peleton Beranting Tumbuhkan Jiwa Korsa Korps Infanteri Prajurit TNI

Walikota Kotamobagu Tatong Bara didampingi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph R Giri saat melepas prajurit Peleton Beranting 2017.

Kotamobagu, iNewscrime – Hari Infanteri TNI AD ini bertujuan untuk memelihara dan menumbuhkan kesadaran serta kebanggaan terhadap Korps Infanteri yang memiliki kemampuan mobilitas jalan kaki sebagai identitas serta ciri khas  prajurit Infanteri.

Hal tersebut dikatakan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph R. Giri saat meminpin uapacara pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya bertempat di Lapangan Hotinimbang, Kotamobagu, Sulawesi Utara. Sabtu (16/12/17).

Selain itu kata Danrem, Gerak Jalan Peleton Beranting juga dimaksudkan untuk membangun jiwa korsa, semangat juang dan semangat korps sebagai prajurit TNI Angkatan Darat agar senantiasa kompak dan solid, serta menumbuhkan sikap patriotisme dan meneguhkan tekad Prajurit Korps Infanteri untuk siap setiap saat membela kehor-matan bangsa dan menjaga kedaulatan negara.

“Inilah momen yang sangat baik bagi para Prajurit TNI untuk meneladani nilai-nilai dan semangat perjuangan serta militansi Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai seorang “Prajurit” yang rela berkorban demi nusa dan bangsa, berjuang tanpa pamrih serta senantiasa dekat  dengan rakyat,” kata Danrem.

Dirinya menegaskan, sebagai generasi penerus yang tidak merasakan secara langsung pahit dan getirnya perjuangan seperti yang dialami oleh para pendahulu bangsa.

Baca juga:   Pemprov Sulut Pertanyakan Penilaian Ombudsman

“Maka kegiatan Gerak Jalan ini adalah momen yang sangat baik untuk lebih menghayati perjuangan para pahlawan tersebut, antara lain dengan melestarikan  tradisi berjalan kaki bagi Prajurit Infanteri,” tegas Brigjen TNI Joseph R Giri.

Danrem menjelaskan, tradisi berjalan kaki bagi prajurit Infanteri dilatarbelakangi oleh Peristiwa Ambarawa, atau biasa dikenal dengan istilah Palagan Ambarawa, yang terjadi pada masa awal terbentuknya TNI segera setelah diproklamasikannya kemerdekaan RI, di mana pada waktu itu Tentara Keamanan Rakyat (cikal bakal TNI) bersama-sama dengan rakyat.

“Dengan bermodalkan tekad dan semangat serta senjata dan perlengkapannya yang masih sangat sederhana berhasil memenangkan salah satu pertempuran terhebat dalam sejarah Perang Kemerdekaan RI melawan tentara Belanda yang mem-bonceng Pasukan Sekutu,” jelas Danrem.

Sebagai wujud dari penghayatan nilai-nilai semangat juang dan patriotisme, maka Saya mengharapkan kepada para peserta Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya agar melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab dan semangat juang yang tinggi.

“Tumbuhkan rasa kebersamaan di antara para peserta dengan membuang jauh sikap egoisme dan fanatisme sempit yang berlebihan terhadap korps, jaga etika sopan santun dan tata krama yang berlaku di kehidupan masyarakat setempat yang dilalui serta jalin kemanunggalan dengan rakyat, baik di sepanjang rute Gerak Jalan maupun di daerah pergantian pasukan,” terang Danrem.

Baca juga:   Pangdam XIII/Mdk : Pembangunan Markas Batalyon Raider 712/Wt Ini Diperuntukan Untuk Masyarakat

Dirinya mengingatkan, Kemanunggalan TNI dengan Rakyat merupakan cermin dan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kegiatan Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya 2017.

“Hal ini sangat relevan dengan tema peringatan Yudha Wastu Pramuka Jaya yaitu ”Prajurit Infanteri Melaksanakan Gerak Jalan Tonting Yuddha Wastu Pramukha Jaya Guna Meningkatkan Jiwa Korsa, Semangat Juang dan Soliditas Prajurit, Bersama Seluruh Komponen Bangsa dalam rangka Menjaga Kedaulatan serta Keutuhan Wilayah NKRI,” tegas Danrem.

Danrem 131/Santiago juga menyampaikan kepada para Prajurit Kodam XIII/ Merdeka selamat mengikuti Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya 2017.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian yang terbaik kepada tanah air, bangsa dan negara tercinta,” tandas Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph R Giri.
(tsir)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments