Pawai Obor Peringati Hut RI ke 72 Dilaksanakan di Lirung

Inewscrime – LIRUNG – Menjelang Hut Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia seperti tahyn tahun sebelumnya yakni pada Setiap tanggal 16 Agustus 2017 malam diadakan pawai obor taptu.
Jika pada tahun sebelumnya puncak acara peringatan hari bersejarah nasional ini dilaksanakan di Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud, Melonguane. untuk memeperingati hut kemerdekaan Rai ke 72  dilaksanakan di Pulau Salibabu, tepatnya di Kecamatan Lirung.
Terpantau di lapangan Pamil Lirung. Sekira 300- an siswa siswi dari tingkat SD hingga SMA sederajat  yang menggunakan seragam pramuka nampak antusias mengikuti pawai obor sekali dalam setahun itu.
Sebelum pawai. Kegiatan diawali dengan upacara Taptu. Tampil sebagai inspektur adalah Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane, Letkol Marinir Moh Maftukin, sedangkan pemimpin upacara adalah Kapolsek Lirung, Ipda  Rudi Tendena  Bawowo.
Hadir juga pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Adolf Binilang, Asisten I Alex Sahadula, Asisten II Toni Gagola, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Politik Jackson Parapaga, Kaban Kesbangpol Daud Malensang, Perwira Penghubung Kodim 1301 Mayor (Inf) Sigfried Panaha bersama pejabat eselon II dan III lainnya , Kapolres Talaud AKBP Hendra Sukaca, Kasie Pidum Kejari Kepulauan Talaud Bobby Selang dan unsur lainnya.
Adapun rute pawai diawali dari lapangan Pamil Lirung dan finish atau berakhir di Kantor Kecamatan Lirung, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 KM.
Diketahui, sejak 14 tahun Kabupaten Kepulauan Talaud Berotonomi dari Kabupaten Induk Sangihe dan Talaud medio 2002 lampau. Pelaksanaan puncak Hut Kemerdekaan RI untuk pertama kalinya dilaksanakan di Pulau Salibabu.
Adapun  jadwal kegiatan  pada, Kamis (17/8) besok diawali dengan pemberian Remisi bagi tahan di Lapas Lirung, upacara bendera, tabur bunga di pelabuhan Lirung, Tots Kenegaraan, doa bersama dan upacara penurunan bendera.
Bupati kepulauan Talaud Sri wahyumi Maria Manalip. SE mengatakan perayaan hut RI ke 72 Ini sengaja di laksanakan di kepulauan salibabu tepatnya di lirung agar masyarakat yang ada di pulau salibabu merasa tidak ada yang di istimewakan sebab tahun tahun kemarin sudah di laksanakan di melonguane. Untuk itu saya berharap kiranya kita semua warga kepualaun talaud semakin memaknai akan kemerdekaan dan lebih mencintai NKRI sebagai bangsa yang berdaulat dan mari kita jaga bersama keutuhan NKRI di perbatasan ini. Pungkas SWM. ( red )

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Baca juga:   Masih Sering Terjadi Pemadaman, Warga Melonguane Pertanyakan Kinerja PLN
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments