Steven Lumowa cibir Badan Keuangan, tak Rasional Pangkas Anggaran Dinkes dan Dinsos.

MINSEL, Manadoaktual.com – Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) menggelar rapat bersama Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Minahasa Selatan, di ruang Paripurna DPRD minsel, Rabu (20/05/2020).

Rapat di pimpin ketua Pansus Frangky Lelengboto ST, Robby Sangkoy, Jacklin Koloay , Verke Pomantow , Meyvi Karuh , Andries Rumondor , Jones Kaseger dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Minsel, Steven Lomowa.

Dan untuk LKPJ Tahun 2019 dari Badan Pengelola Keuangan kali ini di kritisi para anggota panitia khusus (Pansus) LKPJ 2019, bukan hanya soal Laporan Anggaran Hibah tapi juga soal pengurangan yang tidak Rasional.

Dari beberapa Anggota Pansus yang menyoroti sepak terjang Kaban Keuangan Minsel Melky Manus dan Tim yang datang lengkap dengan Kabid-kabidnya juga dari LKPJ ini Para Anggota Pansus kaget mendengar ternyata Pencairan Hibah Koni dengan angka Rp 700 juta dan juga PMI dengan Angka Rp 1 M ternyata hampir bersamaan tanggal SP2D yang diberikan oleh Pihak Keuangan Minsel dan Dinkes dikurangi sampai Rp. 700 juta.

Baca juga:   Hendra Jacob Di Tangkap Seperti Teroris¬†Di Mapolda, dijaga dengan senjata lengkap

Menanggapi soal pengurangan anggaran di Dinas Kesehatan dan dinas Sosial Minsel, sesuai surat masuk ke meja pimpinan DPRD Minsel , wakil Ketua DPRD Minsel Steven Lumowa disela pembahasan sangat geram dengan pengurangan tanpa logika atau Rasional seorang Kaban Keuangan yang menurut Lumowa ini pemasungan anggaran yang akan berdampak ke kinerja OPD, lagi-lagi anggaran di DPRD yang sudah mengalami 4 kali pengurangan sekarang masih mau diambil lagi 1,5 M dengan alasan Rasionalisasi padahal ada tugas yang melekat sesuai undang-undang yang berlaku.

“Saya heran dimana logika berpikir kalian sebagai kepala Badan Keuangan dalam mengatur uang rakyat ini, okeylah untuk Anggaran Dewan anda potong sampe nol tidak masalah tapi tolong jangan anda punya maksud tertentu lalu pengurangan dilakukan tanpa kajian yang matang, saya curiga ada upaya sabotase dari pihak tertentu atau Kaban keuangan untuk membuat lumpu kerja Pengawasan di dewan,” imbuh Steven.

Lanjut Lumowa saya sangat tidak setujuh jika pengurangan di Dinas Kesehatan dan Sosial itu terjadi , saya orang pertama yang menentang pengurangan ini , dengan alasan apapun , harusnya menurut Lumowa posisi Dinas Kesehatan ditambah dan juga Sosial ditambah karena masih banyak di pos perbatasan yang mengalami kekurangan makanan dan lain-lain.

Baca juga:   Terkait Pemasangan Baliho, Ketum AMTI Minta Gubernur Sulut Copot Kepsek SMK N 1 Amurang

Kaban keuangan Minsel Melky Manus beberapa kali menjelaskan terkait hal tersebut , memang kalau pengurangan tahun 2020 ini kami lakukan sebagai upaya memancing saja, artinya kalau memang ini diperlukan OPD harus siap.

” Tentu kami mengakui surat tersebut semata pancingan saja ,Beberapa OPD tentu ada pengurangan dengan Rasionalisasi anggaran karena acuannya terkait Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 117/KMK.07/2020 tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 dalam rangka Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Ini menjadi acuan kami. Yang memungkinkan dilakukan Pengurangan ini tapi harus melihat pos anggaran yang tidak penting. Imbuh Kaban.

Menanggapi Soal pernyataan Kaban , Lumowa menampik jika hal ini tidaklah Wajar karena kajian di masa Pandemik Covid-19 daerah justru memakai Rasionalisasi yang wajar bukan akal-akalan , ” jangan bilang memancing karena kami bukan ikan , ini harus kajian matang dan standart terukur bukan sembarang ambil harus benar-benar Logis.

Baca juga:   Kadis Fietber Rako Terima penghargaan dari¬†Yohanes Surya

” Saya anggap ini sesuatu yang gilaaaaa. ..( prak…pring.. sembari menghempas gelas pecah, ) saya lihat ini sunggu gilaaa bukan lagi Rasionalisasi tapi ini sangat tidak masuk akal,. Ungkap Lumowa dengan geramnya.

Selanjutnya rapat LKPJ pun berlangsung terus dengan tanggapan , pertanyaan , usulan dan sanggahan dari beberapa pimpinan dan anggota Pansus.

(Rio)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments