Muljadi: Tiga Kelompok Tani Nenas Organik Kotamobagu Terus Diberi Pelatihan

KOTAMOBAGU. MA.- Pihak konsultan dari  Bank Indonesia (BI) terus melakukan Sosialisasi  serta memberikan pelatihan  pembudidayaan Nenas Organik kepada  tiga Kelompok  Tani Nenas yang ada di Kelurahan Mongkonai Bersatu Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu.

Hal tersebut dilakukan pasca ditandatangani MOU (Memorandum of Understanding ) antara Pemerintah Kota Kotamobagu dan pihak Bank Indonesia (BI) dibidang peningkatan  Klaster Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan komoditas Nanas Kota Kotamobagu.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu Muljadi Surotinodjo, bahwa kerja sama pemerintah Kotamobagu dan Bank Indonesia (BI) dibidang peningkatan produksi Nenas organik Kotamobagu,  saat ini sudah jalan mulai dari sosialisasi, sampai pada  pelatihan pembudidayaannya.

“Pihak Konsultan dari Bank Indonesia terus memberikan pelatihan kepada Tiga Kelompok Tani Nenas Kelurahan Mongkonai , masing masing Kelompok Tani Nenas Nomontang, Kelompok Tani Nenas Amaliotung, dan Kelompok Tani Maju Bersama” Kata Muljadi Surotinojo. Senin (30/7/2018).

Dikatakannya juga, setelah diberikan  pelatihan  tata cara pembudidayaan nenas, teknologi budidaya di daerah konservasi untuk tanah miring, sampai pada teknologi pasca penen, baru akan diserahkan alat alat pengolahan hasil.

Baca juga:   Sejumlah Pejabat Struktural RSUD Kotamobagu Dirotasi

“Disini nantinya pihak Bank Indonesia akan melihat bagaimana produksinya , setelah itu  baru akan menyerahkan alat produksi , mulai dari pengolahan Nenas sampai pada pengolahan produk turunannya bahkan sampai pada pemasarannya.”  Lanjutnya Kadis,  nantinya untuk Nenas yang akan dikembangkan oleh Kelompok Tani Nenas  adalah Varitas Nenas Mas Kotamobagu ” Kata Muljadi Surotinojo.

Di ketahui sebelumnya pihak Bank Indonsia (BI) juga sudah bekerjasama  dengan pemerintah Kotamobagu, dengan membantu Tiga Kelompok UMKM komoditi Kopi  organik yang ada di Desa Bilalang I Kecamatan Kotamobagu Utara  Kotamobagu yang dikenal dengan Kopi Dinodok Kotamobagu. (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments