Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Menutup OSN Tingkat Nasional Sulut 2019

Sulut, Manadoaktual.com – Acara Akbar penutupan Lomba Olimpiade Sains Nasional di Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan reword khusus dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy bagi Panitia pelaksana yang telah bekerja siang malam demi mensukseskan acara yang memiliki nilai historis yang nantinya akan dicatat dalam lembar sejarah pendidikan di NKRI “Salut dan terimah kasih kepada Gubernur pak Olly Dondokambey dan wagub pak Steven Kandouw yang sangat merespon kegiatan OSN ini, Saya juga mengucapkan terimah kasih secara khusus buat ibu Kadis Dikda Sulut dr Grace Punuh yang menjadi saksi hidup dan pelaku pagelaran OSN 2019 yang sangat sukses, semua tim panitia terimah kasih semua”. Kata Effendy.

Setelah dibuka pada 30 Juni 2019 yang lalu, lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA ke18 tahun 2019 di Sulawesi Utara resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy didampingi Sekprov Sulut Edwin Silangen  yang mewakili Gubernur.

Kegiatan penutupan yang berlangsung di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur Jumat (5/7/2019) sekaligus dilakukan penyerahan medali  serta penghargaan kepada pemenang lomba.

Mendikbud  juga memberi apresiasi serta motivasi kepada para seluruh  kontingen yang mengikuti lomba, baik yang sukses meraih medali maupun yang belum berhasil mendapatkan gelar juara.

Baca juga:   Memasuki Hari Kedua, Seleksi CPNS Kemenkumham Jalur SLTA Sudah Banyak Yang Gugur

Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut semua peserta lomba OSN 2019 adalah utusan terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang merupakan juara di daerahnya.

“ Kepada para peserta saya yakin kalian semua adalah juara, Mengapa?  Karena anda hadir dan datang disini tentu saja sudah melalui proses penyaringan, proses seleksi didaerah masing-masing, karena itu sebetulnya disini hanya untuk mengukuhkan bahwa kamu semua adalah juara, “ ucap Mendikbud.

Sementara untuk peraih medali terbanyak diperoleh kontingen DKI Jakarta dengan 15 emas, 15 perak 18 perunggu dengan total 48 medali, diikuti kontingen  Jawa Barat 7 emas  9 perak 13 perunggu dengan total 29, disusul kontingen Jawa Timur dengan perolehan 5 emas  19 perak 14 perunggu dengan total 38 medali.

Kontingen Sulawesi Utara sendiri yang merupakan tuan rumah penyelenggaraan OSN SMA 2019 cukup sukses meraih prestasi lomba dengan menempati urutan 16  dari 34 propinsi dengan perolehan medali 1 perak dan 3 perunggu.

Untuk  kontingen Sulut peraih medali perak diperoleh  Andrew Christian Jubintoro siswa kelas  11 SMA Manado Independent School Sulawesi Utara yang mengikuti lomba  bidang studi Komputer/Informatika.

Baca juga:   Wakil Walikota Berbaur Dengan Siswa Di Kegiatan Outdoor Classroom Day

Sedangkan 3 medali perunggu diraih masing- masing oleh Chintami Gemma Masella siswi kelas  11 SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon bidang studi Kebumian,  Revandy Eliazer Immanuel Wuntu  siswa kelas 11 SMA Kristen Eben Haezar Manado bidang  studi geografi  dan Vic Axel Daniel Mantiri  siswa kelas  12 SMA Kristen Eben Haezar Manado bidang studi Biologi.

Disinggung soal perolehan medali bagi kontingen Sulut kadis Dikda dr Grace Punuh mengatakan “jujur, saya bangga dengan prestasi anak-anak kita, walaupun demikian saja, perolehan medali bagi sulut, tapi itu merupakan prestasi yang sangat baik kita tahu bersama pagelaran lomba OSN yang suda sekian tahun diadakan belum perna capai prestasi seperti ini, tapi saya juga tidak akan berdiam diri dan terlena dengan pencapaian ini, tahun depan saya (Dikda Sulut) dan semua guru diseantero Sulut akan selalu berusaha mencetak anak-anak siswa yang lebih berprestasi, kalau tahun ini hanya pada ranking 16, tahun depan kami akan berusaha sekuat tenaga akan masuk dalam pencapaian 10 besar lomba OSN ini”. Ungkap Dokter ini.

Ketua Panitia pelaksanaan OSN di Provinsi Sulut dipegang oleh Arthur Tumipa yang juga sebagai kepala Bidang SMA di Dikda Sulut.

Baca juga:   Sukses Menjalankan Tugas, Dandim 1309/Mdo Apresiasi Atas Kinerja Paskibraka.

(olvi)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments