Makna Sumpah Pemuda Menurut Jackson Kumaat

Sulut, Manadoaktual.com – Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Seluruh rakyat mempunyai pemikiran sendiri dalam mengimplementasikan hari bersejarah tersebut.

Begitu pula dengan Tokoh Pemuda asal Daerah Nyiur Melambai ini. Menurut Jackson Kumaat, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara (Sulut),  Sumpah Pemuda memiliki nilai luhur.

“Ya, diperingati 90 tahun sampai tahun  ini karena ada nilai luhurnya. Dimana, pemuda menerobos setiap sekat yang menjadi sumber perpecahan. Diterobos oleh pemuda dan tetap mengaku bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu,” ujar yang kerap disapa Jacko, usai reuni akbar bersama seluruh pengurus dan anggota KNPI se Sulut, Senin (29/10/2018) malam.

Dirinya pun menyesalkan ada tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab dan ingin memecah belah toleransi di Sulut.

“Kita ini berbeda-beda tetapi harus terus bersatu. Kita ini harus menahan diri dan menjaga. Sulawesi Utara itu adalah provinsi yang diakui dengan toleransi antar umat beragama yang tinggi. Jadi tolong dijaga, terutama Manado,” imbau dia.

Baca juga:   Kapolres Minsel Pantau Langsung Suasana Pemungutan Suara Ulang di TPS 13 kelurahan Ranoyapo   

Dirinya pun berharap Sulut tetap aman dan nyaman. “Saya tidak mau kalau Manado jadi seperti Ambon dan Poso waktu lalu. Jaga terus keamanan,” harap Jacko seraya mengingatkan agar jangan terpengaruh ajakan provokator.

Diketahui, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, KNPI menggelar rapat sekaligus silahturahmi antar pengurus dan anggota se Sulut di kantor sekrerariat KNPI Sulut di bilangan Jalan Sario Manado. Kegiatan ini pula dihadiri langsung Pemerintah Provinsi Sulut, Assisten I Edison Humiang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

(olvi)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments