Makam Abo Tadohe Akan Dikembangkan Menjadi Situs Bersejarah

KOTAMOBAGU. MA.- Kota Kotamobagu memiliki beragam potensi destinasi wisata yang dapat dikembangkan untuk menarik para wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Salah satunya makam leluhur Abo Tadohe yang terletak di Bukit Kansil Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara Kota Kotamobagu.

Seperti yang dikatakan Lurah Upai Ridwan Mokoagow, bahwa  Makam Abo Tadohe jika di tata dan dikembangakan untuk dijadikan objek wisata, diyakini mampu menarik para wisatawan lokal serta warga untuk berziarah  . Selain itu juga tentunya dapat menciptakan lasagna kerja bagi warga di sekitarnya.

“Jika makam ini akan ditata sebaik mungkin tentunya dapat menarik warga untuk dapat berziarah kemakam tersebut, selain itu juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga yang ada di sekitar lokasi.” Kata Ridwan Mokoagow. Senin (20/8/.2018)

Dikatakannya juga, bahwa untuk penataan makam Abo Tadohe ini sudah di usulkan melalui Musrembang yang dilaksanakan di Kelurahan , namun kemungkinan  masih terkendala dengan anggaran, untuk itu berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dapat memasukan dalam program prioritas nanti.

Baca juga:   Andrei Angouw : Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Hindari Virus Kebencian

“Kami sudah mengusulkan saat dilaksankan Musrembang di Kelurahan namun kemungkinan terkendala dengan anggaran, untuk itu berharap Dinas Pariwisata dapat mengambil alih untuk pengembangannya.” Ungkap Ridwan Mokoagow.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu Moch Agung Adati, mengatakan saat ini ada sekitar 25 potensi objek wisata yang akan dikembangkan, termasuk situs bersejarah seperti makam para leluhur yang ada namun akan dilakukan secara bertahap.

“Berbagai situs bersejarah sepeti makam makam para leluhur  yang ada di Kota Kotamobagu akan dikembangkan, namun akan dilakukan secara bertahap yang tentunya akan disesuikan dengan ketersediaan anggaran.” Kata Moch Agung Adati.

Sesuai literasi catata sejarah Bolaang Mongondow , Abo Tadohe, adalah Ayah dari Raja Loloda Mokoagow, atau Datoe Binangkan, yang semasa hidup Abo Tadohe berkuasa sekitar tahun 1600 – 1650 yang digelar sebagai Punu’ atau Pemimpin tertinggi di Bolaang Mongondow.

Penulis: (DIX).

vote
Article Rating

Bagikan berita ini!

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments