LSM Insan Totabuan Siap Naikan Eskalasi Tragedi Bakan Ketingkat Nasional

Riston:  Korban Tragedi Bakan Bagian Tanggungjawab PT JRBM

BOLMONG. MA.- Ketua LSM Insan Totabuan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sehan Ambaru, SH. terus menyoroti PT. J Resources Bolaang Mongodow (JRBM) yang dinilai bungkam atas tragedi Tambang Busa Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongodow beberapa waktu lalu.

“PT JRBM Sampai dengan hari ini masih terus bungkam atas tragedi kemanusiaan yang terjadi diwilayah konsensinya yang menelan korban jiwa.” Kata Sehan Ambaru. Selasa (19/3/2019).

Sehan Ambaru menambahkan, ini adalah murni kelalaian dari pihak perusahaan PT JRBM sebab selain melakukan pembiaran warga beraktifitas diwilayah konsensinya, tentunya merupakan bentuk pelanggaran serius yang berimplikasi Pidana.

“Pihak perusahaan sudah mengangkangi peraturan yang tertuang dalam PP 11 2018 Tentang Tata Cara Pemberian Wilayah dan Pelaporan Kegiatan Usaha Pertambangan, sebagai mana tertuang dalam Pasal 64 s/d pasal 85. Yang tentunya jelas pelanggaran serius.”

Lanjut Sehan, karena sampai hari ini pihak JRBM dinilai bumgkam atas tragedi ini, maka kami dari koalisi LSM tentunya akan menempu cara-cara Konstitusiaonal ditingkat lokal, selain itu kita akan naikan lagi Eskalasinya ketingkat yang lebih tinggi lagi ke tingkat Nasional. Ingat PT.JRBM itu datang di Bolaang Mongondow Raya dengan cara regulatif maka kami juga akan usir PT JRBM dengan cara Konstitusional pula. “ Tegas Sehan Ambaru.

Baca juga:   Keharuman Dan Kebesaran Nama "LOLODA MOKOAGOW" Untuk Bandar Udara Lolak

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Riston Mokoagow mengatakan, terkait dengan tragedi yang terjadi di tambang Bakan itu, tentunya merupakan tanggungjawab pihak perusahaan. Sebab sedangkan orang diluar itu mereka punya nilai manusiawi untuk memberikan santunan kepada korban untuk meringankan beban bagi keluarga korban, apalagi mereka yang punya konsensi. Itu bagian dari tanggungjawab mereka bahkan kalau tidak dapat memberikan santunan, itu menurut saya keliru.

“Terkait dengan tragedi Bakan itu saya berharap dan saya meyakini perusahaan pasti akan memberikan santunan. Sebab PT.JRBM itu adalah salah satu tambang terbaik di Indonesia yang disertifikasi sebab sudah menerima penghargaan dalam pengelolaan lingkungan terbaik, kemudian juga ada beberapa penghargaan lainnya yang disitu menunjukan pengelolaan manajemen terbaik. “

Tambah Riston, Ketika pihak perusahaan tidak memberikan santunan atau menutup mata terkait dengan tragedi ini, berarti mereka sendiri yang merusak reputasi mereka sendiri. Maka saya meyakini pasti mereka akan memberikan santunan terhadap keluarga korban. “Pungkas Riston Mokoagow.

Baca juga:   "Beriikan Teladan Yang Baik" Wagub Steven Kandouw Berikan Penghormatan Terakhir Pada Rosye Pandegiroth Roeroe

Konfirmasi ke Pihak PT. JRBM terkait pemberitaan akan diupayakan secepatnya. (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments