Lobi Bantuan Pertanian, Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip Bertemu Menteri Dan Dirjen Pertanian

iNewscrime,Jakarta- Upaya Bupati Talaud untuk mensejahterakan rakyatnya terus berlanjut. Bertempat di Gedung Kementrian Pertanian RI Senin(07/8) kemarin, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (SWM) melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian Ir.H. Andi Amran Sulaiman SP didampingi Staf Khusus Bupati Dany Balanehu ST, Kadis Pertanian Talaud Ir. Ordik Rompah MSi, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Talaud Fanmy S. Unsong SS MM, Kabag TUP Setda Dra. Selny Papalapu dan Kabag Kesra Setda Dra. Ch. Mandagi MSi. Agenda pertemuan yang dimaksud adalah menghadiri undangan khusus dari Menteri Pertanian RI yang membicarakan sehubungan dengan perkembangan pertanian di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam kesempatan itu, Bupati SWM langsung menyampaikan berbagai permasalahan terkait pertanian yang diantaranya belum adanya jaringan irigasi di beberapa lokasi cetak sawah baru di Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Keterbatasan lahan dan air di Talaud memang sangat mempengaruhi kelanjutan pembanguna jaringan irigasi di Talaud”, ungkap SWM.

Ditambahkannya, selain cetak sawah ada beberapa komoditi pertanian yang perlu dikembangkan seperti tanaman Pala, Cengkih dan kelapa.

Baca juga:   Disponsori Pemprov Sulut & Pemkab Talaud DPP JPKP Talaud Gelar Pengobatan Gratis di Kiama

“Perlu adanya peremajaan tanaman seperti Pala,  Cengkih, Kelapa yang sudah tua dan rusak serta terbakar,” ujar SWM.

SWM juga berharap berharap dari pertemuan ini selain ada bibit yang disiapkan oleh Pemerintah pusat dalam pengembangan pertanian di Talaud, perlu juga adanya kesiapan Pemerintah dalam sarana prasara untuk menunjang pertanian.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Talaud Fanmy S. Unsong SS MM mengatakan, Menteri Pertanian RI sangat menyambut baik dan berjanji pada APBN-P akan di berikan bantuan alat pertanian berupan Hand Tractor, Pompa Air, Mini Transplenter dan Mini Exavator.

“Pertemuan Pemerintah Daerah Talaud dengan Kementrian difokuskan pada permasalahan pertanian di Talaud yang terkendala akan jaringan irigasi dan alat pertanian yang sangat dibutuhkan dalam swasembada pangan sesuai dengan program Nawacita Pemerintahan Jokowi – JK. Pemkab Talaud melalui Bupati SWM berupaya agar hasil dari tatap muka langsung dengan Menteri Pertanian dapat memberikan rekomendasi tindak lanjut hasil pembicaraan. Semoga hasil ini bisa di bawah langsung ke masyarakat Talaud demi kesejateraan Talaud kedepan,” pungkas Unsong.

Baca juga:   LANAL Melonguane Ketambahan Alutsista, SWM : TNI Kuat Bersama Rakyat

Tidak selesai sampai di situ saja, Usai bertemu dengan menteri pertanian RI, Bupati SWM bertemu dengan Dirjen Perkebunan Bapak Bambang untuk melobi agar petani di Kabupaten Talaud bisa mendapatkan bantuan pengadaan bibit Pala dan Cengkih serta perluasan area tanam. (Redaksi)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments