Launching KIA, Corneles : Ini Bentuk Perindungan Terhadap Anak

Amurang, Manadoaktual.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minsel melakukan Launching Kartu Identitas Anak (KIA), Serta Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Tingkat Kabupaten Minsel, digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, pada Rabu (17/10/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minsel Corneles Mononimbar MM, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik, terhadap kebijakan tertib Administrasi kependudukan.

Selain itu kata Corneles, sosialisasi ini bertujuan penerapan Kartu Identitas Anak (KIA), sebagai tanda pengenal dan identitas diri, yang sah bagi anak sebagai upaya perlindungan terhadap anak dan pemenuhan hak kontitusional warga negara.

” Ini juga untuk mengemplementasikan peningkatan perilaku tertib administrasi kependudukan di Lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas penduduk, dengan sasaran terciptanya kesadaran kolektif masyarakat tentang pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan khususnya KIA, sasaran ini untuk diperuntukan bagi anak-anak dibawah usia 17 tahun.”ujarnya.

Ia pun mengharapkan partisipasi aktif dari para warga terlebih orangtua yang memiliki anak dibawah usia 17 tahun, untuk membuat KTP anak tersebut, untuk kepentingan-kepentingan anak-anak itu tersendiri.

Baca juga:   Polres Minsel dampingi acara Kunker Dandim Minahasa ke sejumlah Koramil

“Jadi syarat mengurus KIA, orangtua datang ke Kantor Dukcapil Minsel, dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga dan Akte Lahir Anak, serta pasfoto anak, dan nantinya akan langsung diproses, kartu identitas anak tersebut, mari kita sadar administrasi kependudukan, lengkapi surat-surat keluarga anda,” jelas Corneles Mononimbar.

Sementara itu Kepala Bidang Dafduk Minsel Jene Vivi Setlight, mengatakan bahwa bidangnya siap menerima proses pembuatan KIA dan kartu Keluarga serta KTP, jadi ayo.. daftarkan anak anda untuk mendapatkan KIA.

“Ayo daftarkan KIA anak anda, dan apabila sudah didaftar dengan persyaratan yang lengkap akan langsung kita proses, agar supaya KIA langsung terbit, Mari masyarakat Minsel kita dukung Program GISA,” ajak Kabid Dafduk Vivi Setlight.

Acara Launching KIA tersebut ditandai dengan penyerahan KIA yang di serahkan langsung oleh Sekda Denny Kaawoan, mewakili Bupati Minsel DR.Christiany Eugenia Paruntu SE kepada anak-anak yang hadir dalam acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan Launching KIA tersebut, Sekda Minsel Denny Kaawoan, Kadis Capil Corneles Mononimbar, Bersama pegawai dan staf Disdukcapil Minsel, anak-anak dibawah Usia 17 tahun, yang didampingi para orangtua.

Baca juga:   Polsek Tenga selamatkan 10 hektar hutan

(Marsel.Tiow)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments