Korem 131/Stg Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Tomohon, iNewscrime – Korem 131/Santiago, menggelar latihan penanggulangan bencana alam, Senin (27/11/2017).

Latihan tersebut digelar di dua tempat berbeda diantaranya di Makorem 131/Stg serta mengambil lokasi di wilayah Tomohon komplek dengan melaksanakan simulasi latihan lapangan.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 131/Stg Mayor Inf Fathan Ali mengatakan, kegiatan tersebut demi menciptakan prajurit profesional dalam rangka mengantisipasi serta melatih kemampuan dalam penanggulangan bencana alam.

Fathan Ali menyebutkan, latihan ini juga melibatkan Pemprov Sulut dan Kabupaten/Kota, unsur Polri, Basarnas, pemadam dan unsur lainnya serta elemen masyarakat.

Dalam pelaksanaan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam Danrem 131/Santiago dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem 131/santiago selaku Incedent Comander (IC) penaggulangan bencana alam mengatakan, pelaksanaan apel latihan Penanguulangan Bencana Alam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para seluruh Instansi terkait serta para peserta dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada masyarakat.

Dengan demikian, melalui pelaksanaan apel penanggulangan bencana alam ini, para prajurit serta seluruh peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuan prosedur penanggulangan bencana alam untuk kepentingan perencanaan.

Baca juga:   Dipimpin Danrem, Penertiban Rudis TNI di Kombos Berlangsung Aman

“Penyiapan dan pelaksanaan Komando dan Pengendalian Operasi bantuan dalam rangka mengantisipasi berbagai potensi gejolak sosial dan konflik komunal di wilayah yang akan mengalami bencana alam, apel kesiapsiagaan¬†yang akan berlangsung selama dua hari ini dirancang dengan menggunakan metoda latihan taktis dengan pasukan yang dikendalikan dan diikuti oleh para peserta dan unsur-unsur pendukung lainnya,” ujar Kasrem 131/Stg.

Harapannya, pada akhir latihan nanti, para peserta dapat memahami prosedur hubungan Komandan dan Pengendalian Operasi dalam memperoleh data tentang daerah yang terisolir, membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, mengevakuasi serta menghimbau, mensosialisaikan dan dapat berkoordinasi dengan baik oleh semua unsur terkait dalam penanggulanagan bencana alam ini dan mengkonsolidasikan pasukan pasca bencana alam.
(***/tsir)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments