Kordiv Pengawasan Dan Sosialisasi Bawaslu-RI Kunjungi Sulut

KOTAMOBAGU. MA.- Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu-RI) menggelar Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2019 di Provinsi Sulawesi Utara bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu. Kamis (1/11/2018)

Monitoring dan Evaluasi Bawaslu-RI dihadiri oleh Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Sosialisasi Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu-RI)  Mochamad Afifuddin. S.Ag. M.Si. di dampingi oleh pimpinan dan anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Herwin JH Malonda, Kenly M Poluan, Mustarin Humagi, Awaludin Umbola, serta dihadiri oleh seluruh pimpinan dan anggota Bawaslu serta Kepala Kesekretariatan yang ada di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan diawali dengan sambutan Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Herwin Malonda, yang mengatakan kegiatan ini dilaksankan terkait dengan kebijakan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, terutama berkaitan dengan strategi pengawasan Pemilihan Umum tahun 2019. “Terima Kasih kepada Bapak Mochamad Afifuddin atas kehadiran dalam kegiatan ini, dan untuk seluruh yang hadir, kegiatan ini sangat penting karena terkait dengan kelembagaan untuk peningkatan kapasitas pengawasan pemilu tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara.” Kata Herwin Malonda, sambil membuka secara resmi kegiatan monitoring dan evaluasi ini.

Baca juga:   Bupati Tetty Paruntu Hadiri Rapat Konsolidasi Dewan Pengurus APKASI

Sementara itu  Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Sosialisasi  Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu-RI)  Mochamad Afifuddin. S.Ag. M.Si. dalam materinya menyampaikan terkait dengan metode kampanye, pertemuan tatap muka, pertemuan terbatas, rapat umum, Pemasangan Alat Peraga (APK) Media Sosial, Iklan media Cetak/ elektronik serta Debat Kandidat. “Intinya dalam proses pengawasan kampanye yang saat ini sudah mulai dalam tahapan, kita harus banyak mensosialisasikan kepada masyarakat terkait apa yang bisa dilakukan dan apa yang tidak bisa dilakukan. Karena kampanye di media jaringan seperti iklan, itu hanya bole dilakukan nanti pada tanggal 24 Maret 2019.”

Lanjutnya,  pencegahan adalah manjadi hal yang utama. Silakan pengawas Provinsi Kabupaten Kota mengundang partai, LO, Tim Kampanye daerah di undang dan disosialisasikan. Kalau ada Partai yang melanggar undang undang silakan di tindak . “ Tegas Mochamad Afifuddin.

Sebelumnya pada hari yang sama Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Sosialisasi Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu-RI)  Mochamad Afifuddin. S.Ag. M.Si. melakukan kunjugan kerja serta pertemuan dengan Bawaslu dan Panwascam se -Kabupaten Minahasa, kemudian melakukan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019 di Lapangan Pondabo Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang dihadiri para Tokoh Masyarakat, ASN, OKP, KPA, Partai Politik, serta seluruh pimpinan dan anggota Bawaslu Kabupaten / Kota se-Sulawesi Utara.

Baca juga:   Zumi Zola Terancam Bui Seumur Hidup atau 20 Tahun

(ADVE / DIX).

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of