Komisi Informasi Publik (KIP) Sulut Kunjungi Data Center dan Command Center Kotamobagu

Pasla:  Kotamobagu Merupakan Daerah Yang Transparan

KOTAMOBAGU. MA.- Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Utara mengunjungi Dinas Kominfo Kotamobagu dan memantau langsung keberadaan serta pengelolaan Data Center dan Command Center dalam mengelolah keterbukaan informasi publik. Kamis (8/11/2018).

Wakil Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Utara Raymon Pasla mengatakan, kunjugan ini merupakan monitoring dan evaluasi KIP Provinsi Sulawesi Utara terkait keberadaan infrastruktur penunjang yang ada di berbagai daerah yang ada di Sulawesi Utara atas  Keterbukaan Informasi Publik, diantaranya Kota Kotamobagu.

“Dalam kunjugan ini terpantau, Kotamobagu adalah salah satu Kota yang transparan atas keterbukaan informasi karena salah satu indikator adalah keberadaan Data Center dan Command Center yang dimiliki Pemerintah Kotamobagu. “ Kata Raymon Pasla.

Dikatakannya juga, untuk Sulawesi Utara ada tiga daerah yang sudah mempunyai Data Center yanitu Manado, Bitung, dan Kotamobagu, untuk itu diharapkan dengan keberadaan Data center ini,  Kotamobagu akan menjadi daerah yang transparan.

“Diharapkan Informasi Publik yang disajikan oleh Data Center ini Kotamobagu bisa menggambarkan Kotamobagu adalah daerah yang transparan sehingga dalam sisi peringkat, akan ada pada rangking teratas.”Ungkap Raymon Pasla.

Baca juga:   DPRD Dan Pemkot Kotamobagu Siap Bahas Lima RANPERDA

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomifo) Kotamobagu Ahmad Yani Umar mengatakan, dalam kunjugan ini kita mengajak Tim dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Utara untuk melihat sama sama infrastruktur penunjang atas jalannya keterbukaan informasi publik di Kota Kotamobagu dengan sdistem digitalisasi.

“Ini merupakan salah satu visitasi dari Komisi Informasi Publik (KIP) untuk memantau daerah mana yang sesuai dengan undang undang, daerah mana mampu mentransformasi sistem pemerintah daerah dari tradisional ke sistem digitalisasi. Contohnya untuk sistem Administrasi pemerintahan, Kotamobagu mempunya Aplikasi e-SIAP-ASN (Sistem Informasi Penataan Aparatur Sipil Negara) , dan e-SIKAP ( Sistem Insentif Kinerja dan kehadiran pegawai) serta untuk Pelayanan Publik Kotamobagu  mempunyai Aplikasi SiKeMas (Sistem Informasi Keluhan Masyarakat).”

Lanjutnya Ahmad Yani Umar. “Untuk menyatukaan setiap informasi disetiap Organisasi Pemerintah Daerah yang ada dilingkungan pemerintah Kota Kotamobagu lewat PPID. “ Pungkas Ahmad Yani Umar.

Penulis:  (DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Baca juga:   DPD Pewarna Sulut Gelar Ibadah Pra Natal Bersama Yayasan Pusat Kanker Estella Manado

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments