Kapolda Sulut Buka Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Kapolri 2019

-MA-MANADO,Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto membuka Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Kapolri 2019, di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa, Tompaso, Minahasa, Sabtu (6 July 2019)

Dikatakan Kapolda dalam sambutannya, kejuaraan pacuan kuda ini dalam rangka menyemarakkan rangkaian Hari Bhayangkara ke-73, yang jatuh pada 1 Juli lalu.

“Kejuaraan pacuan kuda ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat,” Ujar Kapolda.

Kejuaraan ini, lanjutnya, juga secara langsung mendukung program Pemerintah Republik Indonesia dalam hal memajukan dunia pariwisata dan olahraga.

“Lewat kegiatan ini diharapkan juga mampu menambah jam terbang para atlet Pordasi Sulawesi Utara dalam membina atlet-atlet berpotensi yang mampu mengharumkan nama Sulawesi Utara baik di kancah nasional bahkan internasional,” Pungkas Kapolda.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Edison Humiang selaku Ketua Panitia dalam laporannya menerangkan, kejuaraan pacuan kuda ini juga sebagai pemersatu bangsa. “Sekaligus untuk mempromosikan potensi pariwisata di wilayah Sulawesi Utara,” jelasnya.

Kejuaraan pacuan kuda ini terdiri dari berbagai kelas. Yaitu:
1. Kelas Eksibisi, jarak 600 meter (trofi Kapolsek Tompaso).
2. Kelas Eksibisi, jarak 800 meter (Trofi Kapolsek Kawangkoan).
3. Kelas C Eksibisi, jarak 1000 meter (Trofi Kapolres Minahasa).
4. Kelas Perdana, jarak 800 meter (Piala Kabidkum Polda Sulut).
5. Kelas E/F, jarak 1000 meter (Piala Karo SDM Polda Sulut).
6. Kelas Pemula C/D jarak 1000 meter (Piala Karoops Polda Sulut).
7. Kelas Pemula A/B, jarak 1200 meter (Piala Irwasda Polda Sulut).
8. Kelas D, jarak 1200 meter (Piala Wakapolda Sulut).
9. Kelas C, jarak 1400 meter (Piala Kapolda Sulut).
10. Kelas Terbuka, jarak 1600 meter (Piala Kapolri).

Baca juga:   Kepala (BNPB) Doni Monardo : Banyak pejabat daerah tak peduli kebakaran hutan dan lahan

Turut hadir dalam pembukaan, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Karyoto beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa, Royke Roring, Pengurus Pordasi Sulut dan tamu undangan lainnya.

Terpantau, kejuaraan ini berlangsung sangat meriah. Disaksikan ribuan masyarakat yang memadati tribun penonton. Jalannya kegiatan mendapat pengamanan cukup ketat dari personel Polda Sulut dan jajaran Polres Minahasa. Dalam kejuaraan ini juga langsung dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang.

Piala Kapolri tahun ini diboyong oleh Tim Bintang Eclipse Stable. Ini setelah kuda andalannya bernomor pelana 1 bernama Barbarosa dengan Joki, D. Liwe, menjadi yang tercepat mencapai garis finish di Kelas Terbuka jarak 1600 meter. Piala diserahkan langsung oleh Kapolda Sulut kepada pemilik kuda, Andi Ibrahim Masdar.

Bagikan berita ini!

avatar
  Subscribe  
Notify of