Kapolda Sulut Bambang Waskito Bersama Forward, Ferdinand Mewengkang, Ivan Kaunang,Tumbelaka Akademik Dan Para Jurnalis Tanda Tangani Deklarasi Pemilukada Aman Dan Damai

INewscrime. Com- Forward Bekerja sama dengan Lembaga kajian sosial dan politik Tumbelaka Akademik mengadakan diskusi publik yang bertajuk mewujudkan pemilukada aman dan damai yang bertempat di Rumah Kopi Sario Jumat (9/02-2018).

Hadir sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulut Irjen (Pol) Bambang Waskito, Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Utara Ferdinand Mewengkang dan Akademisi Unsrat dari Fakultas Sastra dan Budaya DR Ivan Kaunang.

Terciptanya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang aman dan damai merupakan impian. Demikian disampaikan oleh Moderator yang juga adalah ketua Forward Jerry Palohoon

“Mewujudkan hal tersebut lah yang mendasari Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut bersama Tumbelaka Academic menggelar kegiatan yang di pertegas dengan deklarasi damai dengan menandatangani kain putih sebagai wujud perdamaian yang dilakukan langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Bambang Waskito, Ketua Komisi I DPRD Sulut Ferdinand Mewengkang, Ketua Tumbelaka Academic Taufik Tumbelaka, pimpinan parpol di Sulut yang diwakili Sekretaris DPD 1 Golkar Tonny Lasut, akademisi Dr. Ivan Kaunang dan semua pesert diakusi publik yang sebgian di dominasi oleh kalangan jurnalis.

Baca juga:   Walikota: Piala Adipura Milik Seluruh Warga Kotamobagu

Dalam kesempatan tersebut, Waskito berpesan kedamaian dan keamanan dalam Pemilukada itu sangat penting.

 “Kedamaian, keragaman dan toleransi sangat tinggi, jangan sampai terpecah atau terbelah karena memilih calon/pasangan kita masing-masing,” tegasnya berpesan.

Sementara Drs Ferdinand Mewengkang mengatakan bahwa kewenangan DPRD hanya sebatas memberi rekomendasi dan juga menunjang lewat pendanaan kepada lembaga yang akan menyelenggarakan kegiatan di mana. Didalamnya ada KPU dan Bawaslu dan Kepolisian.

“Menjadi penting buat kami untuk memperjuangkan anggaran yang mumpuni untuk para penyelenggara karen dengan anggaran yang memadai para penyelenggara akan fokus bekerja tukas Ferdinand.

Dirinya juga mengingatkan Parpol serta para pemilih untuk menghilangkan sikap pragmatisme yang lebih mengedepankan bahwa uang adalah penentu segalanya,”sikap sikap seperti itulah yang tanpa kita sadari menyebabkan terjadi masalah dalam pemeyelenggaraan pemilukada, “pungkas mantan birokrat senior di era pemerintahan Gubernur Sondakh dan Sarundayang ini.

Lain lagi yang dikatakan olwh DR Ivan Kaunang yang lebih melihat dari sisi Budaya dimana dirinya mencontohkan bahwa di Minahasa jauh sebelum Pemilukada langsung di negara kuta dijalankan pemilihan langsung di Tanah Minahasa itu sudah lebih dulu dilaksanakan leeat pemilihan Hukum Tua. Begitu juga di Bolmong dan Nusa Utara lewat pemilihan sangadi dan Opo lao.

Baca juga:   Pembahasan LKPJ Gubernur 2017, Ketua Pansus Ferdinand Mewengkang Tolak SKPD Yang Tak Lengkap Administrasi

Itu artinya budaya kita ssebenarnya sudah membentuk karakter kita sehingga tidak ada celah yang bisa menyebabkan Pemilukada berjalan aman dan damai. Apalagi jika semua pemeluk agama benar benar menerapkan apa yang di ajarkan dalam agamanya Pemilukada pasti Aman dan Damai, “ujarnya lantang dengan ciri khas swnyum yang selalu menghiasi setiap perkataannya.

Sementara itu, Taufik Tumbelaka mengatakan, insan pers yang merupakan pilar ke 4 dalam berdemokrasi harus menegaskan siap mendukung Pemilukada aman dan damai.

“Wartawan harus menyatakan sikap mendukung TNI dan Polri dalam mewujudkan Pemilukada aman dan damai,” jelasnya.

Tonny Lasut Sekretaris Partai Golkar Sulut saat di mintai tanggapannya oleh INewscrime mengatakan dirinya memberi apresiasi Forward dan Tumbelaka Akademik sebagai salah satu organisasi jurnalis mempunyai kepedulian menggelar diskusi publik seperti ini.

“Apresiasi dari kami Partai Golkar Sulut buat Forward dan Tumbelaka Akademik yang menggagas acara ini. Kegiatan seperti ini sangat penting dan tentunya menjadi semacam energi baru buat kami papol peserta pemilukada karena dengan jurnalisme mengadakan ini otomatis publikasi terkait pemilukada yang aman dan damai akan terus tersaji dan secara otomatis pula akan membentuk mindset para pemilih bahwa pemilukada itu harus aman dan damai, kunci politisi yang jug Wakil Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara ini. (Bob)

Baca juga:   Empat TPS Di Kotamobagu Direkomendasikan Untuk PSU

 

 

 

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments