Kalah 2-0 Dari Borneo FC, Jacksen Thiago Tetap Apresiasi Anak Asuhnya

Foto: Jalannya Laga Persipura Jayapura Vs Tuan Rumah Borneo FC.

SAMARINDA, (MA)- Langkah Tim Mutiara Hitam Persipura Jayapura untuk meraih bintang 5 mulai menemui jalan terjal usai di taklukkan Borneo FC 2-0 di stadion Segiri Samarinda dalam laga Shopee Liga 1 2020, Sabtu 7/3-2020.

Gol-gol kemenangan Pesut Etam, julukan Borneo FC, dibukukan oleh Javlon Guseynov (44′) dan tendangan penalti Fransisco Torres (68′).

Jalannya pertandingan.

Awal babak pertama, Persipura langsung inisiatif melancarkan serangan ke lini pertahanan Borneo FC.

Petaka buat Persipura berawal saat laga baru berjalan 9 menit, bek Persipura Arthur Cunha dihadiahi kartu merah karena terlihat oleh wasit sengaja menarik baju Terens Owang.

Kehilangan Arthur, Persipura bermain bertahan meskipun beberapa kali sempat melakukan serangan balik.

Pada menit ke-19, Borneo FC menciptakan peluang bagus lewat Fransisco Torres yang berada di depan gawang Dede Sulaiman. Namun, Tinus Pae langsung merebut bola dan sukses menggagalkan peluang Torres untuk mencetak gol pertama bagi Borneo

Pemain Persipura sendiri sesekali coba  melancarkan serangan balik dan beberapa tendangan-tendangan mereka tepat sasaran ke gawang Borneo. Sayangnya peluang peluang tersebut belum membuahkan hasil.

Baca juga:   Bungkam PSIS 2-0 Di Stadion Klabat, Jacksen Thiago : Serasa Main Di Jayapura

Sebaliknya, Borneo beberapa kali mendapatkan peluang ideal akan tetapi juga belum ada satu pun yang bisa berbuah gol.

Terus memyerang, Borneo FC lewat Diogo Campos sebenarnya mencetak gol tambahan.

Sayangnya gol tersebut dianulir wasit, bukan hanya mengamulir wasit bahkan mengganjar campos dengan kartu kuning karena melanggar kaki pemain Persipura dengan tangannya.

Batal unggul tak membuat Borneo FC patah arang, di menit ke 44 Javlon Guseynov mencetak gol dan membawa Borneo FC unggul 1-0 atas Persipura Jayapura. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Borneo FC  tak mengendurkan serangannya. Barisan pertahanan Persipura yang sudah kehilangan Cunha terus di bombardir oleh anak anak “Pesut Etam” julukan Borneo FC.

Tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, bukan tanpa perlawanan, sepanjang pertandingan mereka terus berusaha mengejar ketertinggalan dengan serangan balik yang sesekali merepotkan barisan belakang Borneo FC.

Borneo FC pun tak mengendurkan serangannya, sebuah peluang dari Sultan Samma nyaris membobol gawang Dede Sulaiman kalau saja tidak membentur mistar gawang.

Baca juga:   Sulut United Imbangi Borneo FC Dalam Laga Ujicoba

Di menit ke 68, Borneo FC akhirnya menggandakan keunggulan lewat tendangan penalti Fransisco Torres pada menit ke-68.

Tertinggal 0-2, Persipura terus melakukan serangan dan menciptakan beberapa peluang lewat Tod Ferre dan Pahabol.

Alih alih menyamakan kedudukan mencetak gol pun mereka tak berhasil.

Hingga peluit akhir di bunyikan Borneo FC tetap unggul 2-0 atas Persipura Jayapura.

Pelatih Persipura Jacksen Thiago usai laga dalam sesi konfrensi pers mengatakan laga yang dijalani anak asuhnya sangat berat setelah Arthur Cunha terkena kartu merah.

“Sebuah pertandingan yang buat kita sangat berat karena sayang sekali kita terkena sebuah kartu merah sangat  cepat dan mempengaruhi rencana main kita karena selama 81 menit main dengan 10 orang apalagi kebobolan di menit akhir yang sebenarnya tidak perlu terjadi, tapi saya tetap apresiasi permainan anak anak karena ada beberapa peluang dari Tod Ferre dan Pahabol yang kalau itu jadi gol mungkin hasil bisa lain,”tukas Jacksen Thiago.

Terkait kepemimpinan wasit Thoriq Alkatiri dan kartu merah yang diterima Cunha, Jacksen Thiago menerima dengan lapang dada dan tetap respek pada wasit karena menurutnya Thoriq Alkatiri adalah salah satu wasit terbaik di indonesia dan juga salah satu wasit AFC..

Baca juga:   Di Verifikasi PT LIB, Hampir Pasti Persipura Jamu PSIS Semarang Di Stadion Klabat

Sebagai informasi ini adalah kemenangan pertama Borneo FC setelah pada pertandingan pertama, Borneo menderita kekalahan dari Persija Jakarta.

Berikut Susunan pemain Borneo FC vs Persipura Jayapura

Borneo FC (4-2-3-1): 31-Gainluca Claudio Pandeynuwu (GK), 4-Wildansyah, 24-Diego Robbie Michiels, 19-Javlon Guseynov, 12-Kevin Gomes De Oliveira, 22-Sultan Samma, 28-Terens Owang Priska Puhiri (23-Dedy Hartono), 8-Nuriddin Davronov (90-Muhammad Sihran), 39-Nke Ondoua Guy Junior (11-Imanuel Wanggai), 9-Fransisco Torres, 10-Diogo Campos Gomes.
Pelatih: Edson Araujo Tavares.

Persipura Jayapura (4-3-3): 22-Dede Sulaiman (GK), 32-Muhammad Tahir, 18-David Kevin Wato Rumakiek (17-Yohanes Pahabol), 44-Arthur Cunha Da Rocha, 21-Yustinus Pae, 3-Donny Harold Monim, 10-Thiago Eduardo Do Amaral (28-Israel Wamiau), 46-Todd Rivaldo Albert Ferre, 34-Takuya Matsunaga, 99-Sylvano Dominique Comvalius, 86-Boaz Theofilus Erwin Solossa (33-Gunansar Mandowen)
Pelatih: Jacksen F Tiago.

(**/rkm)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments