Jenis Kopi Robusta Terus Dikembangkan Di Wilayah Kotamobagu

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan terus memanfaatkan potensi daerah,  dengan bekerja sama Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara untuk terus mengembangkan Komoditi Kopi Robusta di Wilayah Kotamobagu. Setelah Kelompok Tani Satu Hati Kotamobagu dipastikan akan menerima bantuan Bibit Kopi Robusta dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu Ramjan Mokoginta dimana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan mengoptimalkan lahan Kopi yang ada di Kotamobagu dengan menyalurkan Bibit Kopi Robusta dari Jember.

“Ini adalah kegiatan Provinsi dimana akan menyalurkan bibit kopi super jenis Robusta sebanyak 1.500 pohon. Kopi tersebut berasal dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Pulitkokao) Jember,” Kata  Ramjan Mokoginta. Senin (24/9/2018)

Dikatakannya, untuk  penerima bibit adalah Kelompok Tani Satu Hati Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat dengan lokasi yang akan ditanami bibit kopi tarsebut yaitu di perkebunan Mobonod.

“Yang  akan mendapat bantuan Bibit Kopi Robusta adalah Kelompok Tani Satu Hati, itu  sudah sekalian pupuk yang akan disalurkan. Mereka sudah datang melihat lahannya atau survey lahan. Biasanya itu tidak lama lagi disalurkan, kemungkinan awal bulan depan,” terangnya

Baca juga:   HIPPMI Sulut Komitmen Kejar Target Enam Persen Pengusaha Baru

Ramjam menjelaskan, lokasi perkebunan Mongkonai sudah cocok untuk penanman kopi jenis robusta. Dilihat dari Struktur tanah, ketinggian serta udaranya sehingga sangan cocok dengan Kopi jenis ini.

“Kalau kopi jenis Arabika itu harus diatas 1000 dari permukaan laut. Tapi kalau robusta bisa dibawah seribu meter. Nah, kalau perkebunan Mongkonai itu kurang lebih 700 hingga 800 meter ketinggiannya sehingga cocok untuk penanaman kopi jenis robusta,” jelas Ramjan Mokoginta.

Terpisah, salah satu anggota kelompok tani satu hati Armin Simbala menyambut baik rencana pemberian bibit kopi tersebut. Dia mengatakan,  tentunya sebagai petani Kopi yang ada di Kotamobagu sangat berbaggga sebab akan mendapat bibit Kopi apalagi Kopi jenis ini sangat cocok dengan keberadaan lokasi serta lahan yang ada di wilayah perkebunan ini.

“Perkebunan Mongkonai sangat cocok untuk tanaman apa saja, sebab udara dan unsur tanah pada lahannya sangat mendukung.Yang tentu ini kabar gembira atas bantuan ini. Terkait dengan lahan tentunya kami sudah siap.” Ungkap Armin Simbala.

Baca juga:   Sebanyak Enam Orang Tertimbun Material Di Tambang Bakan

Penulis: (DIX).

(sumber gambar: Geogle)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments