James Karinda : Masuk 10 Besar Indeks Toleransi Tertinggi, Bukti Masyarakat Manado Ingin Bersahabat Dengan Semua Orang

INEWSCRIME.COM, MANADO – Kultur serta budaya dan pola hidup masyarakat Kota Manado mendapat pengakuan dari lembaga survey Setara Institut.

Berdasarkan rilis yang mereka keluarkan terkait Indeks Kota Toleran 2017, Manado termasuk dalam jajaran 10 kota dengan skor indeks toleransi tertinggi.

Skor yang diraih oleh Manado adalah (5,90), sama dengan 4 kota lainnya yaitu Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang dan Tual. Setelah itu Binjai, Kotamobagu, Palu dan Tebing Tinggi dengan nilai (5,80) dan terakhir Surakarta dengan nilai (5,72).

Berdasarkan kerangka indeks yang diperoleh, penelitian tersebut menetapkan enam indikator pengukuran, yakni rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), kebijakan diskriminatif melalui peraturan daerah, pernyataan pejabat pemerintah daerah, tindakan terkait peristiwa menyangkut toleransi, peristiwa pelanggaran toleransi dan komposisi penduduk berdasarkan agama.

Capaian indeks tertinggi yang diraih Manado sebagai kota Toleran 2017 tersebut, diakui personil DPRD Sulut James Karinda sebagai kultur dan budaya peninggalan nenek moyang yang ingin bersahabat dengan semua orang.

“Iya, ini kultur dan budaya yang ditinggalkan nenek moyang kita, mengingat di Manado banyak suku yang hidup rukun bersama seperti Minahasa, Sangihe dan Bolaang Mongondouw,” ujar Karinda via pesan Whatsapp, Sabtu (18/11/2017).

Baca juga:   Walikota GS Vicky Lumentut Resmikan Pasar Restorasi Kayu Bulan Malalayang

“Faktor keagamaan juga sangat mempengaruhi dan terlebih memang orang Manado itu baik serta selalu ingin bersahabat dan bersaudara,” sambung Ketua Komisi IV DPRD Sulut ini.

Oleh karena itu politisi Demokrat ini berharapa, raihan tersebut bisa dipertahankan karena juga akan berdampak pada kemajuan investasi daerah.

“Tetap jaga terus kerukunan karena semua akan berdampak pada kemajuan dan investasi daerah. Peran pemerintah BKSAU dan FKUB dalam menjalin hubungan baik dengan semua tokoh tokoh keagamaan juga harus dipererat dan dipertahankan,” pungkasnya. (***)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments