Ir Hj Tatong Bara Dinobatkan Sebagai Kolano In Kotamobagu

KOTAMOBAGU. MA.- Pemerintah Dan Masyarakat Kota Kotamobagu menggelar Upacara Adat Penobatan (Podui’an) Kepada Ir Hj Tatong Bara selaku Walikota Kotamobagu periode 2018-2023, Sebagai Kolano In Kotamobagu (Pemangku Adat Tertingggi Di Kota Kotamobagu) , bertempat di Lapangan Boki Hontinimbang Kotamobagu. Rabu (3/10/2018).

Prosesi Podui’an ini, saat Walikota Kotamobagu mendatangi lokasi acara dijemput dengan Tari Tuitan dan Golomang (Kulintang Adat)  didepan Matubo (Gerbang) disambut dengan Itu-Itum (Permohonan Doa) oleh Guhanga untuk memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjalan didamping oleh tua tua adat serta diiringi Tari Ronggo dan melewati Lukotan /Tolatak Sinontandai (Tangga terbuat dari bambu kuning) kemudian melakukan ritual Lumampang Kon Uwato (Melangkahi Besih/Parang) untuk menuju panggung.

Di atas panggung kehormatan Walikota Kotamobagu disuguhkan Siri Pinang (Mosilad) 2 orang tua wanita adat, dan dilanjutkan dengan prosesi Molumbat (Permohonan doa untuk membersihkan diri dari keburukan atau hal hal yang tidak baik pada diri seorang pemangku adat tertinggi) oleh tua tua adat, serta dilanjutkan dengan prosesi pemasangan Tapaluk (Pakaian Adat Kebesaran Pemimpin Wanita) berupa Bandang Pinoyotalempang (Selendang) Simbol Persatuan dan Kesatuan.

Baca juga:   Hendra Jacob Di Tangkap Seperti Teroris Di Mapolda, dijaga dengan senjata lengkap

Kemudian pemasangan Bongkol sebagai simbol seorang pemimpin untuk selalu siap memenuhi kebutuhan masyarakat, kemudian pemasangan Batakan (Ikat Lengan) dengan simbol semangat bekerja, pemasangan Lingkit   (Cincin Lengan) sebagai simbol ketangguhan seorang pemimpin, pemasangan Papodong (Mahkota) sebagai simbol tanggungjawab sebagi seorang pemimpin kepada masyarakat, oleh Bolian (Selaku Pewaris tradisi para Bogani) dan yang terakhir adalah penyerahan Tungkud (Tongkat) sebagai simbol pemimpin Adat, oleh pemangku adat tertinggi (Bupati) Kabupaten Bolaang Mongondow Dra Yasti Soepredjo Mokoagow.

Rangkaian Upacara Adat Podui’an ini turut dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow Dra Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Unsur Forkopimda, Sekda Kotamobagu, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pimpinan SKPD, Camat Lurah, Kepala Desa (Sangadi) masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

(ADVE / DIX).

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating

Bank Sulutgo

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments