Ini cara Hukum Tua Lucky Lumenta dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ini cara Hukum tua Lucky Lumenta dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tumpaan, Manadoaktual.com – Berbagai cara dan upaya telah dioptimalkan Pemerintah Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan, kabupaten Minahasa Selatan untuk membuat ketahanan sosial baik dari segi pencegahan penyebaran Covid-19 maupun ketahanan ekonomi masyarakat desa dalam menghadapi pandemi saat ini.

Dari hasil Pantawan media hukum tua desa Tumpaan Lucky Lumenta SIP, selalu memberikan transparansi lewat media sosialnya (Facebook) akan setiap kegiatan pekerjaan yang dilakukan lewat anggaran dana desa.

Pembangunan yang telah di berikan oleh pejabat Hukum tua Desa Tumpaan Lucky Lumenta sudah banyak di lakukan mulai dari tahap pertama dan memasuki tahap kedua tahun 2020 baik jalan maupun proyek lainnya selalu dilakukan secara keterbukaan dan dilihat oleh masyarakat.

Saat di temui media hukum tua Lucky Lumenta mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia dan Bupati Minsel.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Bupati Christiany Eugenia Paruntu terkait dengan prioritas penggunaan dana desa untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi, maka kami telah melaksanakan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan Covid-19,” ucap Hukum Tua Lucky Lumenta.

Baca juga:   Pasca Tambang Bakan Ditutup, Warga Mulai Kesulitan Kebutuhan Hidup

Adapun pekerjaan fisik dari Dana Desa tahap 1 di Desa Tumpaan telah direalisasikan pembangunan jalan setapak sepanjang 145 meter sudah selesai di buat juga melibatkan pekerja dari masyarakat Desa Tumpaan.

Selain itu juga kami sudah memasang  Lampu jalan 10 unit di lokasi yang strategis, yang tidak ada penerangan sama sekali di lokasi tersebut kami pasang lampunya.

Kami juga telah membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari semua elemen perangkat desa, tokoh masyarakat dan bermitra dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa.

Perhatian pemerintah Desa Tumpaan juga diberikan kepada masyarakat untuk kesehatan dan memperkuat imunitas tubuh.

“Untuk warga masyarakat telah dibagikan 532 set yang terdiri dari Masker, Sabun Detol dan Hand Sanitizer. Warga juga telah dibagikan beras 6 liter per kepala keluarga,” ujar Lucky.

Selain itu menurutnya, pemerintah Desa Tumpaan telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-Dandes) kepada warga yang terkena dampak Pandemi Covid-19 dan didampingi oleh Camat, pihak Kepolisian, Babunsa dan pendamping Desa.

Baca juga:   Corneles : Segera Lakuka Perekaman "Jika Tidak Ingin Datanya di Nonaktifkan”.

Pekerjaan terakhir yaitu fasilitas sarana penunjang BPU sekaligus WC presentatif dan juga perlengkapan khusus sosial kedukaan semuanya sudah di lengkapi dan dana yang di ambil dari anggaran desa pada tahap kedua tahun 2020.

“Untuk program samua, dilakukan secara swakelola dengan melibatkan pekerja dari masyarakat Desa Tumpaan, baik para tukang ojek dan sopir yang telah kehilangan pekerjaannya serta keluarga miskin yang terkena dampak Pandemi Covid-19 ini,” pungkas kumtua Lucky.

(Sel)

Bagikan berita ini!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments